Dewan Minta Kades Lebih Jeli Gali Potensi Desa

id dprd gumas, punding s merang, kades di gumas

Dewan Minta Kades Lebih Jeli Gali Potensi Desa

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Gumas, Punding S Merang. (Istimewa)

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Punding S Merang meminta kepada setiap kepala desa (Kades), agar lebih jeli lagi dalam menggali peluang dan potensi desa yang dimiliki.


”Seorang kades harus terus belajar, serta memahami potensi desa yang dimiliki, untuk bisa diangkat dan diperkenalkan ke masyarakat luas, sehingga nantinya desa mereka akan semakin maju,” ucap Punding kepada Antara Kalteng, Selasa (16/1/18). 


Politisi Partai Golkar ini mengatakan, dengan menggali potensi desa, dampaknya akan sangat besar terhadap perekonomian masyarakat. Terlebih lagi, potensi tersebut bisa berkembang menjadi peluang usaha yang menjanjikan, baik itu di bidang pertanian dan perkebunan. 


"Salah satu contoh desa yang mampu memanfaatkan potensi yang dimilikinya adalah Desa Hurung Bunut, Kecamatan Kurun. Desa tersebut sekarang ini telah menjelma menjadi desa wisata dan pertanian," katanya. 


Menurut dia, keberadaan potensi desa yang ada tersebut nantinya bisa dikelola desa melalui Badan Usaha Masyarakat Desa (BUMDes), dengan permodalan awalnya bisa menggunakan Dana Desa (DD) ataupun Alokasi Dana Desa (ADD). 


"Peluang dan modal sudah ada. Sekarang tinggal kemauan dan kejelian dari kades untuk memanfaatkan potensi desa yang dipimpinnya," tegasnya. 


Legislator yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) II mencakup Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini menambahkan, diharapkan peluang dan potensi desa tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-sebaiknya untuk kesejahteraan masyarakat. 


"Kita juga meminta kepada pemerintah daerah agar terus memberikan perhatian, sehingga pembangunan desa bisa lebih maju dan mensejahterakan masyarakat. Di samping itu, peran serta masyarakat juga sangat menentukan sukses tidaknya pemanfaatan potensi desa," demikian Punding S Merang.