Dua Pasar Yang Sudah Direvitalisasi Berfungsi Maret

id Dinas Koperasi dan Perindustrian Palangka Raya, Aratuni D Djaban, Pasar Direvitalisasi

Dua Pasar Yang Sudah Direvitalisasi Berfungsi Maret

Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Kepala Dinas Koperasi dan Perindustrian Kota Palangka Raya, Aratuni D Djaban mengatakan dua pasar di wilayah kota setempat yang sudah direvitalisasi akan difungsikan penuh pada Maret 2018.

"Untuk pembangunan sudah selesai. Kita tinggal menyiapkan dokumen yang salah satunya pendataan kembali para pedagang yang nantinya akan menempati kios-kios di pasar tersebut," kata Aratuni di Palangka Raya, Selasa.

Dua pasar tersebut ialah pasar tradisional yang berada di Kelurahan Kalampangan dan Kelurahan Tangkiling.

Pembangunan kembali dua pasar tradisional yang dibangun menggunakan dana bantuan pemerintah pusat tersebut menghabiskan dana sekitar Rp11 miliar.

Bangunan dua pasar tersebut dirobohkan yang selanjutnya dibangun kembali menjadi pasar tradisional berkonsep pasar modern, sehingga pasar tersebut semakin nyaman, higienis dan jauh dari kesan becek serta semrawut.

Pembangunan dua pasar tersebut dari sisi konsep maupun bentuk bangunan serta tipe bangunan itu sudah ditentukan pemerintah pusat. Pemerintah kota tinggal melakukan pembangunan.

Keberadaan pasar di Tangkiling, diharapkan jadi tumpuan pasar dari daerah luar Palangka Raya arah Kabupaten Katingan.

Untuk pasar Kalampangan, diharapkan jadi pusat pasar sentra grosir sayuran serta pos masuk keluar masuknya barang dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami harap keberadaan dua pasar yang telah direvitalisasi itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta menjadikan pasar tradisional pusat perekonomian dan interaksi sosial masyarakat," katanya.