Polres Seruyan Latih Psikologi Calon Anggota Polri

id polres seruyan,Nandang Mu`min Wijaya,Psikologi Calon Anggota Polri

Polres Seruyan Latih Psikologi Calon Anggota Polri

Foto Dokumentasi - (ANTARA FOTO/Rivan Lingga)

...Pelatihan psikologi ini merupakan hal yang sangat penting bagi calon peserta Polri guna melihat sejauh mana mental, kejiwaan dan perilaku,"
Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kepolisian Resor Seruyan, Kalimantan Tengah, menggelar pelatihan psikologi bagi calon peserta seleksi anggota Polri yang berasal dari wilayah kabupaten tersebut.

Pelatihan yang dilaksanakan di Mapolres Seruyan di Kuala Pembuang, Rabu, diikuti oleh 88 siswa-siswi terbaik hasil penjaringan dari SMK dan SMA di Seruyan, dengan menghadirkan narasumber Kabag Psikologi Polda Kalteng AKBP R Guna Dharmawan.

Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu`min Wijaya mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan hasil kerjasama Polres dan Pemkab Seruyan bertujuan membantu calon peserta seleksi anggota Polri untuk menghadapi proses rekrutmen.

"Selain untuk mempersiapkan diri menghadapi proses rekrutmen anggota Polri. Pelatihan psikologi ini merupakan hal yang sangat penting bagi calon peserta Polri guna melihat sejauh mana mental, kejiwaan dan perilaku," katanya.

Perwira menengah Polri ini menjelaskan, Polres dengan Pemkab Seruyan telah melakukan kesepakatan kerja sama program pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri.

Pembekalan atau pembinaan dan pelatihan ditujukan untuk mendapatkan calon peserta seleksi penerimaan anggota Polri yang berkualitas. Termasuk menjaring pendaftar dari pelosok berdasarkan talenta, misalnya bidang pendidikan, olahraga, beladiri, hafiz quran dan lain sebagainya.

"Kita akan memilih, menjaring, melatih, dan menyeleksi bibit-bibit unggul itu di tingkat wilayah yang selanjutnya diikutsertakan dalam seleksi yang sesungguhnya," katanya.

Ia menambahkan, selama pembekalan yang berlangsung dari September 2017 hingga Februari 2018, pihaknya akan melakukan pembekalan menyesuaikan dengan bidang-bidang yang akan dites pada seleksi sesungguhnya, seperti bidang akademik, psikologi hingga kesehatan.

Menurutnya, program pembekalan hendaknya dapat dimanfaatkan oleh putra putri asli Seruyan yang ingin mengikuti seleksi dan mengabdikan diri menjadi anggota kepolisian.

"Ini juga kesempatan, karena Polres Seruyan sendiri masih kekurangan personel, jadi mudah-mudahan mereka yang berhasil lulus seleksi dapat kembali mengabdi untuk daerahnya sebagai anggota Polri," katanya.