Sigit Yunianto Ajak Masyarakat Antisipasi Kerawanan Pilkada

id Sigit K Yunianto, Ketua DPRD Palangka Raya, Antisipasi Kerawanan Pilkada

Sigit Yunianto Ajak Masyarakat Antisipasi Kerawanan Pilkada

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengajak masyarakat di kota setempat untuk turut aktif mengantisipasi berbagai kerawanan Pilkada 2018.

"Kita mengharapkan adanya politik yang santun dan demokratis. Di sini peranan masyarakat sangat dibutuhkan dalam meminimalkan berbagai potensi kerawanan Pilkada 2018," kata Sigit di Palangka Raya, Kamis.

Diantara potensi kerawanan yang harus diwaspadai dan dicegah bersama menurut dia seperti penyebaran isu SARA, kampanye hitam, penyebaran berita bohong "hoax" serta berbagai bentuk pelanggaran Pilkada.

"Selain itu dan yang tidak kalah penting ialah antisipasi potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) akibat gesekan antarpendukung pasangan calon," katanya.

Menurut Politisi PDI Perjuangan ini, Pilkada merupakan pesta rakyat untuk mencari pemimpin daerah sehingga tidak pantas jika prosesnya dinodai dengan penghalalan segala cara untuk menang.

Dia pun berharap agar para penyelenggara pemilu dan peserta Pilkada Kota Palangka Raya mampu menciptakan suasana pemilihan wali kota dan wakil wali kota yang aman, damai dan berkualitas.

Saat ini, sebanyak delapan pasangan telah mendaftar ke KPU Kota Palangka Raya sebagai bakal calon peserta Pilkada 2018.

Mereka terdiri dari lima bakal pasang calon jalur perseorangan dan tiga diusung koalisi partai politik.

Kelima bakal Paslon jalur perseorangan itu ialah Rusliansyah-Rogas Usup, Rizky Mahendra-Daryana, Dagut-Fitriadi, Yuliustry-Fathul Munir dan Nampung-Budi Santoso.

Sementara tiga bakal paslon yang diusung koalisi parpol Fairid Naparin-Umi Mastikah, Tuty Dau-Rahmadi HN dan Aries Marcorius Narang-Akhmad Fauzi Bachsin.