Pembangunan di Bartim Kian Berkembang Pesat

id pemkab bartim,Ampera AY Mebas,pembangunan,bupati bartim

Pembangunan di Bartim Kian Berkembang Pesat

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (kanan) menyerahkan secara simbolis dokumen pagu ADD, DD, DBHP kepada Camat Awang Kandurung SAP di GPU Mantawara Tamiang Layang, Kamis. (Foto Antara Kalteng / Habibullah)

Dari tahun 2015 ke tahun 2017, pembangunan di desa mengalami kemajuan yang pesat. Kepala Desa pasti bisa melihatnya secara nyata,"

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Pembangunan di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah kian terus berkembang secara pesat. Pembangunan itu khusus di 101 desa yang ada di Kabupaten berjuluk "Jari Janang Kalalawah" itu.  

Bupati Bartim Ampera AY Mebas mengatakan, pembangunan di tingkat pedesaan mengalami kemajuan yang pesat dari tahun 2015 sampai 2017.

"Dari tahun 2015 ke tahun 2017, pembangunan di desa mengalami kemajuan yang pesat. Kepala Desa pasti bisa melihatnya secara nyata," kata Ampera AY Mebas dalam rapat evaluasi penyaluran dan penggunaan ADD, DD, DBHP dan Retribusi di Tamiang Layang, Kamis.

Untuk pelaksanaan tahun ini, Ampera meminta Dinas Teknis yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bartim yang lebih mengetahui secara detail teknisnya bisa membuat laporan secara khusus.

Dengan dana ADD sebesar Rp54,5 miliar, DD sebesar Rp73,8 miliar dan DBHP Rp6 miliar, kiranya bisa dilaksanakan dengan pembangunan yang nyata dan riil kepada masyarakat.

Orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Bartim itu juga meminta agar dana APBDes tidak dipegang oleh aparatur desa.

"Uang tidak boleh dipegang aparatur desa. Uang kas yang tersedia secara tunai maksimal Rp5 juta, sisanya berada dalam kas desa," terang Ampera.

Ampera memerintahkan pembentukan 10 tim pengawasan untuk 10 kecamatan dan pengawasan dalam pelaksanaan APBDes 2018.

Pemerintah Kecamatan diharapkan melakukan evaluasi secara berjenjang. Para Camat dengan Kasi Pemberdayaan Masyarakat Desa yang telah diberikan operasional diiharapkan aktif mengevaluasi dan pengawasan diwilayah kecamatan masing-masing.