15 Poktan Kecamatan Gunung Timang Terima Bantuan Alsitan

id Bupati Barut, Nadalsyah, Bantuan Alsitan

15 Poktan Kecamatan Gunung Timang Terima Bantuan Alsitan

Bupati Barito Utara H Nadalsyah menyerahkan bantuan alsintan kepada poktan di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, Kamis(18/1). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 15 kelompok tani (Poktan) di sentra pertanian sejumlah desa di Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, memperoleh bantuan 18 alat mesin pertanian berupa hend traktor, pompa air, cultivator dan gerobak air portabel.

"Pemerintah daerah secara konsisten terus memikirkan dan memperhatikan berbagai program maupun kebijakan yang bisa mempercepat keberhasilan pembangunan yang bisa memberikan peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat petani yang ada di daerah ini," kata Bupati Barito Utara Nadalsyah, Kamis.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis alat mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan Gunung Timang di Desa Kandui, Nadalsyah mengatakan, berdasarkan data statistik yang ada, sebagian besar masyarakat kita hidupnya masih bertumpu pada sektor pertanian. Upaya pembangunan pertanian khususnya pada sektor pangan memiliki arti yang strategis karena kebutuhan umat manusia terhadap pangan tidak akan tergantikan.

Sementara katanya dari waktu kewaktu kemampuan produktifitas dan ketersediaan lahan-lahan pertanian semakin berkurang karena alih fungsi lahan untuk keperluan perumahan, pemukiman, perkantoran, tempat usaha, pendidikan dan lain-lain.

"Atas pertimbangan itulah pemerintah daerah menganggarkan pemberian bantuan alsintan kepada kelompok tani agar bisa membantu kesulitan tenaga kerja, meningkatkan produksi dan produktifitas pertanian yang ada. Saya minta agar peralatan mesin pertanian yang harganya cukup mahal tersebut bisa dirawat dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," katanya.

Pada kesempatan tersebut juga Nadalsyah mengingatan masyarakat di Kecamatan Gunung Timang bahwa tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara pada Juni 2018 nanti telah memasuki tahapan-tahapan yang sangat penting.

"Selaku kepala daerah saya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Barito Utara agar betul-betul menjaga supaya seluruh tahapan pesta demokrasi tersebut di seluruh wilayah Kabupaten Barito Utara dapat berlangsung dengan aman, tertib, lancar dan kondusif," kata Nadalsyah.

Dia juga menginformasikan sekaligus mohon do?a dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat Barito Utara bahwa didalam pelaksanaan pemilukada tahun 2018 ini dirinya bersama dengan Sugianto Panala Putra akan maju sebagai calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Barito Utara periode 2018?2023.

"Mari kita tuntaskan semua program pembangunan yang sudah kita laksanakan selama ini," ujar Nadalsyah.