KONI Kotim Bertekad Kembalikan Kejayaan Prestasi Olahraga Daerah

id KONI Kotawaringin Timur, Halikinnor, prestasi olahraga

KONI Kotim Bertekad Kembalikan Kejayaan Prestasi Olahraga Daerah

Ketua KONI Kotim, Halikinnor memberangkatkan Tim Forki Polres Kotim untuk mengikuti Kejuaraan Kapolda Cup II, Kamis (18/1/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur, bertekad mengembalikan kejayaan prestasi olahraga kabupaten itu menjadi yang terbaik di Provinsi Kalimantan Tengah.

"Dulu Kotawaringin Timur menjadi barometer prestasi olahraga di Kalimantan Tengah, tapi kemudian menurun. Kami ingin mengembalikan masa kejayaan itu. Makanya pembinaan akan lebih diintensifkan, terlebih bagi cabang-cabang yang langganan meraih medali," kata Ketua KONI Kotawaringin Timur, Halikinnor di Sampit, Jumat.

Halikinnor yang juga Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur, mengatakan, pemerintah kabupaten sangat serius mendukung peningkatan prestasi olahraga. Salah satunya diwujudkan dengan mengalokasikan anggaran cukup besar pada 2018 ini melalui KONI, yakni sekitar Rp6 miliar.

Pemerintah daerah juga mengajak perusahaan besar swasta seperti di sektor perkebunan, pertambangan, kehutanan, perbankan dan lainnya untuk turut membantu membina olahraga agar mampu meraih prestasi dengan menjadi "bapak angkat" masing-masing cabang olahraga.

Menurut Halikinnor, Bupati H Supian Hadi menantang KONI untuk meningkatkan prestasi olahraga. Hal itu juga menjadi salah satu pertimbangan sehingga pemerintah daerah setuju meningkatkan alokasi anggaran untuk pembinaan olahraga.

Saat ini KONI mempersiapkan atlet-atlet untuk menghadapi event besar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Tengah yang akan digelar di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara. Kabupaten Kotawaringin Timur menargetkan menjadi juara umum dalam ajang bergengsi itu.

"Alokasi dana sudah besar, tapi saya tuntut atlet untuk menjadi juara. Pemerintah daerah ingin Kotawaringin Timur menjadi barometer semua bidang, menjadi pintu gerbang perekonomian, PDRB tertinggi, penduduk paling tinggi dan prestasi olahraganya juga harus terbaik di Kalimantan Tengah," harap Halikinnor.

Kepengurusan organisasi seluruh cabang olahraga terus dibenahi dan dioptimalkan. Pertandingan juga semakin diperbanyak untuk mengukur kemampuan para atlet, serta mengasah mental bertanding agar selalu percaya diri menghadapi siapapun lawannya.

Ada beberapa cabang olahraga unggulan yang langganan menyumbang medali emas, yakni atletik, pencak silat, karate, bridge, taekwondo, angkat besi atau bina raga, tenis meja dan panjat tebing. Selain itu, sejumlah cabang lainnya juga didorong meningkatkan prestasi untuk meraih medali yakni drum band, catur, balap motor, biliar, dayung, balap sepeda dan lainnya.

Saat Porprov tahun 2010 lalu Kotawaringin Timur menempati urutan ke dua setelah Palangka Raya, namun pada Porprov 2014 turun ke peringkat empat. Tahun ini, Kotawaringin Timur menargetkan menjadi juara umum.

Halikinnor optimistis tekad mengembalikan kejayaan prestasi olahraga Kotawaringin Timur, bisa terwujud. Seluruh cabang olahraga terus berbenah dan meningkatkan pembinaan atlet agar mampu meraih prestasi.