DPRD Kalteng Minta PBS Ikut Partisipasi Jaga Infrastruktur Jalan

id DPRD Kalteng,Heriansyah,infrastruktur jalan,Pelantaran-Parenggean-Telaga Antang hingga Antang Kalang

DPRD Kalteng Minta PBS Ikut Partisipasi Jaga Infrastruktur Jalan

Wakil Ketua DPRD Kalteng Heriansyah. (Foto Antara Kalteng/Jaya W Manurung)

...Jadi, sudah selayaknya PBS juga ikut menjaga dan memeliharanya. Jangan semuanya diserahkan kepada Pemerintah,"
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wakil Ketua DPRD Kalimantan Tengah, Heriansyah meminta perusahaan besar swasta ikut berpartisipasi menjaga dan memelihara infrastruktur jalan yang menghubungkan Pelantaran-Parenggean-Telaga Antang hingga Antang Kalang.

Di musim penghujan dengan intensitas cukup tinggi seperti saat ini, ruas jalan provinsi tersebut sering mengalami kerusakan parah sehingga perlu bersama-sama menjaganya, kata Heriansyah di Palangka Raya, Minggu.

"Mayoritas pengguna jalan di ruas jalan yang ada di kabupaten Kotawaringin Timur kan kendaraan PBS, khususnya perkebunan kelapa sawit. Jadi, sudah selayaknya PBS juga ikut menjaga dan memeliharanya. Jangan semuanya diserahkan kepada Pemerintah," tambahnya.

Wakil Rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotim dan Seruyan ini mengatakan, pembukaan pembangunan jalan seyogyanya adalah untuk kepentingan masyarakat dimana akan bermuara dalam peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Menurut dia, kenyataannya sekarang ini, ruas jalan yang menghubungkan Kecamatan Parenggean, Mentaya Hulu, Telaga Antang, Antang Kalang, Tualan Hulu dan Bukit Santuai itu justru lebih banyak dimanfaatkan kendaraan operasional PBS.

"Ruas jalan itu memang sudah ditetapkan dalam program dan kegiatan Pemerintah Provinsi Kalteng. Ruas jalan itu akan dibangun dan diperbaiki menggunakan program multiyears. Tapi kita berharap PBS juga ikut membantu," kata Heriansyah.

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini juga berharap sebelum program multi years dilakukan Pemprov, maka kondisi ruas jalan di wilayah itu tetap dijaga dan dipelihara. Sebab, hasil pantauan saat reses beberapa waktu lalu, di sekitar km 20 sampai 28 terjadi kerusakan parah.

"Kendaraan yang kami gunakan saat reses itu sempat tertahan karena kerusakan itu. Dan itu juga sudah ditangani oleh Pemerintah dengan bekerja sama dengan PBS setempat," ujarnya.

Oleh karena itu, katanya, agar jalan ini kondisinya tetap terjaga, PBS yang beroperasi di wilayah ini diminta bersinergi dengan pemerintah.