KPU Gumas Lakukan Coklit Serentak di 12 Kecamatan

id KPU Gumas,Coklit,Pilkada Gumas,Ketua KPU Gumas Stevenson

KPU Gumas Lakukan Coklit Serentak di 12 Kecamatan

Ketua KPU Gumas Stevenson bersama Ketua Panwaslu Gumas Walman Tristianto, usai melaksanakan gerakan Coklit di rumah penyandang Tuna Daksa (Tengah) di Kecamatan Kurun, Sabtu (20/1/18). Ist

Kuala Kurun (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuat inovasi baru dengan membuat Gerakan pencocokan dan penelitian (Coklit),untuk menyuseskan penyelenggaraan Pilkada Serentak 27 Juni mendatang.  

Ketua KPU Gumas Stevenson, Sabtu, mengatakan Gerakan Coklit di Kabupaten Gumas melibatkan Komisioner KPU Gumas, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) secara serentak di 12 Kecamatan.

"Coklit adalah gerakan nasional yang tujuannya untuk menyukseskan Pilkada serentak 27 Juni mendatang. Masing-masing mencoklit lima rumah dalam gerakan serentak itu," katanya.

Menurutnya, dengan dilaksanakannya gerakan Coklit tersebut dapat membuat masyarakat di Kabupaten berjuluk Habangkalan Penyang Karuhei Tatau itu, menjadi lebih berperan aktif dalam pendataan daftar pemilih berkaitan degn hak suaranya. "Sehingga pilkada yang berkualitas bisa terwujud," ucapnya.

Ia juga mengimbau, kepada masyarakat yang sudah memiliki KTP Gunung Mas namun belum masuk dalam daftar pemilih, supaya dapat lebih aktif dengan menginformasikan kepada PPDP atau RT setempat.

"Marilah kita sukseskan pilkada serentak di Kabupaten yang kita cintai ini," tandasnya.

Secara terpisah, Ketua PPK Kurun Supriadi mengatakan, gerakan Coklit di wilayah Kecamatan Kurun yang melingkupi 13 Desa dan 2 Kelurahan berlangsung dengan aman da lancar. "Seluruh Anggota PPK turun semua ke lapangan, mendampingi PPS maupun PPDP," katanya.

Ia menambahkan, dengan dilaksanakan Coklit itu juga dapat lebih memicu peran aktif masyarakat dalam mencoblos pada pelaksanaan pilkada serentak nantinya. Ia juga mengapresiasi, keaktifan masyarakat saat pihaknya melakukan coklit.

"Sehingga, gerakan Coklit di Kecamatan Kurun dapat berjala dengan aman dan lancar," demikian Supriadi.