Pelaku Usaha Kecil Sampit Perlu Dukungan Pemasaran Produk

id UMKM, Pelaku Usaha Kecil Sampit, Prmasaran produk

Pelaku Usaha Kecil Sampit Perlu Dukungan Pemasaran Produk

Anggota DPRD Kotim Sinar Kamala bersama pegiat UMKM, Rahmat saat mengunjungi pusat kerajinan suvenir di Kecamatan Baamang. (Istimewa)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Usaha mikro, kecil, dan menengah di Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, terus menggeliat namun pelaku usaha kesulitan memasarkan produk secara luas karena berbagai keterbatasan.

"Produk UKM di kecamatan kami sangat banyak, tinggal pemasarannya lagi yang perlu dibantu. Kami berharap semua pihak terbuka hati untuk secara serius membantu pelaku usaha kecil untuk berkembang," kata Camat Baamang, HM Yusransyah di Sampit, Minggu.

Kecamatan Baamang salah satu kecamatan yang memiliki banyak usaha kecil. Di antaranya kerajinan rotan, suvenir, camilan, peralatan rumah tangga dan lainnya.

Pembinaan usaha kecil di kecamatan ini juga cukup bagus, baik oleh pemerintah maupun organisasi-organisasi yang dibentuk masyarakat. Mereka juga aktif mengikuti berbagai kegiatan, seperti pelatihan dan pameran.

Namun diakui, pemasaran produk masih terbatas. Yusransyah mencontohkan, pihaknya sudah beberapa kali meminta bantuan agar diberi tempat di Bandara Haji Asan Sampit untuk menjual produk UMKM, namun tidak dikabulkan.

Sangat disayangkan jika semangat tinggi pelaku usaha kecil meningkatkan produksi, tidak dibarengi dengan sarana pemasaran yang memadai. Kendala ini dikhawatirkan membuat pelaku usaha kembali menjadi tidak bersemangat mengembangkan usaha.

Menurut Yusransyah, mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah akan mendatangkan banyak manfaat. Selain untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, keberadaan usaha mikro, kecil dan menengah juga mendukung pengembangan sektor pariwisata.

Wisatawan yang datang ke suatu daerah biasanya akan berbelanja produk khas daerah tersebut. Di sinilah peran UMKM dalam menyediakan berbagai produk khas daerah sebagai oleh-oleh bagi wisatawan.

"Kami sudah membentuk forum UMKM. Mudah-mudahan ini dapat membantu langkah pelaku UMKM untuk maju bersama meningkatkan perekonomian masyarakat," harap Yusransyah.

Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan jenis usaha yang banyak dijalankan masyarakat. Jika ekonomi kerakyatan ini maju maka perekonomian masyarakat juga maju sehingga kesejahteraan masyarakat juga meningkat.