Pengambilalihan SMA ke Provinsi Kurang Berjalan Efektif, Ini Alasannya!

id Disdik Lamandau,Meigo Basel ,pengambilalihan sma

Pengambilalihan SMA ke Provinsi Kurang Berjalan Efektif, Ini Alasannya!

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau, Meigo Basel. (Foto Antara Kalteng/Fuad Siddiq)

Dahulu jika ada guru yang ingin ngurus kenaikan pangkat atau ijin cuti tidak harus repot jauh-jauh lagi untuk datang ke Palangka Raya, dan pada saat sekarang ini mau tidak mau mereka harus ke sana sehingga cukup memakan waktu yang sangat lama...
Nanga Bulik (Antaranews Kalteng) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lamandau dalam waktu dekat akan melakukan nota Kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terkait pengalihan teknis pengelolaan Sekolah Menengah Atas (SMA) di derah setempat. 

Dilakukannya nota kesepahaman tersebut, sebagai upaya mengatasi kesulitan guru SMA yang selama ini mengajukan cuti dan kenaikan pangkat, kata Kepala Disdikbud Kabupaten Lamandau, Meigo Basel di Nanga Bulik, Rabu.

"Dahulu jika ada guru yang ingin ngurus kenaikan pangkat atau ijin cuti tidak harus repot jauh-jauh lagi untuk datang ke Palangka Raya, dan pada saat sekarang ini mau tidak mau mereka harus ke sana sehingga cukup memakan waktu yang sangat lama, padahal yang diurus ini hanyalah ijin cuti maupun kenaikan pangkat saja," tambahnya.

Setelah 1 tahun terakhir pengelolaan SMA maupun sederajat yang telah diambil alih pengelolaannya oleh Pemerintah Provinsi banyak hal yang dirasa sangat kurang berjalan dengan efektif, baik secara umum maupun secara teknis.

Dia mengatakan dalam waktu dekat nanti memang kita akan mengadakan MoU soal pelimpahan sebagian kewenangan SMA maupun sederajat. Hal ini dilakukan agar mempermudah tugas fungsi pengawasan di daerah.

"Waktunya yang belum pasti, informasi yang kita terima sementara yang dilimpahkan bukan hal yang sifatnya prinsip maupun kebijakan inti, akan tetapi adalah hal teknis guna mempermudah, salah satu contohnya yakni seperti pemberian izin cuti untuk guru dan semacamnya," kata Demikian Meigo.