Pemkot Ajak Warga Sukseskan Imunisasi Dasar Lengkap

id imunisasi dasar,pemkot palangka raya,Riban Satia

Pemkot Ajak Warga Sukseskan Imunisasi Dasar Lengkap

Ilustrasi - Kader Posyandu memberikan Vaksin polio tetes pada salah satu anak. (ANTARA FOTO/ Feny Selly)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengimbau warga di kota setempat menyukseskan program imunisasi dasar lengkap yang bertujuan untuk menghindari penyakit infeksi berbahaya seperti difteri.

"Partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan imunisasi dasar lengkap pada 2017 lalu masih sangat rendah. Padahal imunisasi ini sangat penting dilakukan," kata Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia di Palangka Raya, Rabu.

Menurut wali kota dua periode ini, pelaksanaan imunisasi dasar lengkap merupakan upaya mencegah dan meminimalkan potensi terserangnya penyakit infeksi berbahaya sehingga bayi bisa tumbuh sehat.

Berdasarkan data Dinkes Kota Palangka Raya, selama 2017 realisasi dari target vaksin lengkap di kota ini hanya mencapai 39 persen.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kota Palangka Raya Maria Jaquelina, menerangkan, angka 39 persen tersebut merupakan jumlah masyarakat sasaran yang melaksanakan vaksin standar anak secara langkap dimulai sejak lahir sampai pada tahapan-tahapan vaksin selanjutnya.

Sedangkan 61 persen sisanya merupakan peserta vaksin pasif yang artinya tidak semua tahapan vaksin dilaksanakan.

Angka partisipasi masyarakat terkait program imunisasi dasar lengkap pada 2017 ini lebih rendah dibanding 2016 yang mencapai 50 persen.

Selama 2017 sasaran proyeksi penduduk yang diimunisasi untuk bayi yang baru lahir sebanyak 5.661 orang, untuk sasaran bayi di bawah dua tahun sebanyak 10.918 jiwa yang terdiri dari 5.484 laki-laki dan 5.434 perempuan.

Maria pun mengakui jika saat ini sejumlah orang tua masih enggan mengimunisasikan anaknya karena berbagai alasan, seperti takut berdampak pada kesehatan anak maupun karena bahan vaksin.

Pada sisi lain, terkait pelaksanaan imunisasi Campak-Rubella, untuk wilayah Kota Palangka Raya baru akan melaksanakan pada 2018 mendatang.

"Untuk tahun ini Palangka Raya dan wilayah Kalimantan Tengah belum melaksanakan imunisasi tersebut. Informasi sementara, kami akan melaksanakan imunisasi tersebut pada 2018 dan akan dilaksanakan ke seluruh sekolah bertepatan dengan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS)," katanya lagi.