Perempuan Barsel Diingatkan Menikah di Usia 20 Tahun, Karena Ini

id Pemkab seruyan, Suriadi Kurnain, Usia ideal perempuan menikah

Perempuan Barsel Diingatkan Menikah di Usia 20 Tahun, Karena Ini

Ilustrasi - Foto pernikahan pasangan selebriti, Raisa Andriana (kanan) dan Hamish Daud Willy (kiri). (HO/Bridestory)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Suriadi Kurnain mengingatkan kalangan perempuan daerah setempat tentang usia ideal menikah 20 tahun.

"Usia ideal bagi perempuan menikah pertama minimal 20 tahun," kata kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Barito Selatan, Suriadi Kurnain, di Buntok, Kamis.

Karena lanjut dia, dengan menikah diusia tersebut, secara emosional, dan pendidikannya dinilai sudah matang.

"Dari segi kesehatan reproduksinya juga sudah siap untuk dibuahi," tambah Suriadi Kurnain.

Selain itu juga kata dia, dengan menikah diusia yang ideal tersebut, akan menekan angka kematian ibu pada saat melahirkan.

"Karena, penyebab kematian ibu saat melahirkan itu ada beberapa hal yakni terlalu muda kawin," tambah dia.

Kemudian terlalu sering melahirkan, terlalu dekat interval melahirkan antara anak pertama, dan anak kedua, dan terlalu tua untuk melahirkan.

Oleh karena itu ia mengimbau kepada masyarakat di wilayah kabupaten Barito Selatan ini agar bisa menikah pada usia ideal.

"Untuk usia ideal menikah pertama bagi perempuan minimal 20 tahun, sedangkan laki-laki idealnya 25 tahun," demikian Suriadi Kurnain.