DPRD Seruyan Dukung Operasional Pelabuhan Segintung

id DPRD Seruyan, Bejo Rianto, Pelabuhan Segintung

DPRD Seruyan Dukung Operasional Pelabuhan Segintung

DPRD Kabupaten Seruyan. (bhayangkarautama.com)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mendukung rencana operasional Pelabuhan Samudera Teluk Segintung sesuai dengan target Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kita mendukung operasional Pelabuhan Segintung sesuai dengan target yang telah ditetapkan," Anggota DPRD Seruyan Bejo Rianto di Kuala Pembuang, Senin.

Politisi PAN ini mengatakan, sesuai dengan rencana, Pelabuhan Segintung yang berada di Kecamatan Seruyan Hilir akan dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan strategis lainnya di Kalteng.

Pelabuhan Segintung yang langsung mengarah ke Laut Jawa dengan jarak pelayaran terdekat ke Pulau Jawa sehingga dapat mendorong keluar masuk arus barang di Kalteng menjadi lebih cepat.

"Dengan berfungsinya Pelabuhan Segintung tentunya akan menyerap banyak tenaga kerja, dan itu nanti juga akan memicu pertumbuhan serta perkembangan ekonomi di wilayah Kalteng khususnya untuk Seruyan," katanya.

Sementara, Bupati Seruyan Sudarsono optimistis Pelabuhan Segintung yang berjarak 20 kilometer dari Kota Kuala Pembuang akan dapat dioperasionalkan pada 2018 ini sesuai target Kemenhub, dan hanya tinggal menunggu penyelesaian akses jalan.

Secara umum, untuk fasilitas di pelabuhan yang menghadap Laut Jawa itu sudah cukup memadai untuk diopersionalkan, terutama untuk bongkar muat barang.

Beberapa fasilitas di pelabuhan yang kini sudah tersedia seperti trestle sepanjang 1.400 meter, dermaga bongkar muat, terminal peti kemas, serta kantor pelabuhan.

Selain itu, sisi darat Pelabuhan Segintung yang juga sudah selesai dibangun, yakni terminal penumpang, akses jalan dalam pelabuhan, saluran air, pos, serta plang nama pelabuhan.

Kemudian, pada 2018 ini Pemkab sudah merencanakan pengaspalan jalan dari Kuala Pembuang menuju Pelabuhan Segintung.

Pengaspalan dengan anggaran sebesar Rp43 miliar melalui APBD Seruyan 2018 akan dilakukan sepanjang kurang lebih 17 kilometer dari perempatan jalan lingkar luar Kota Kuala Pembuang hingga ujung Pelabuhan Segintung.

"Mudah-mudahan penyelesaian jalan bisa cepat dilakukan sehingga Pelabuhan Segintung dapat segera dioperasionalkan pada 2018 ini sesuai dengan target dari Kemenhub," katanya.