BPK Minta SOPD Barut Lengkapi Dokumen Pemeriksaan

id BPK Perwakilan Kalteng, Hendro Sulistyo, Dokumen Pemeriksaan

BPK Minta SOPD Barut Lengkapi Dokumen Pemeriksaan

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara Jainal Abidin didampingi Ketua Tim Pemeriksa BPK perwakilan Kalteng Hendro Sulistyo saat melakukan pertemuan dengan perangkat derah setempat di Muara Teweh, Selasa (30/1). (Foto Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Kalimantan Tengah minta seluruh satuan organisasi perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara untuk melengkapi semua dokumen yang akan dilakukan pemeriksaan.

"Kami minta seluruh perangkat daerah agar kiranya dapat melengkapi dokuemn yang akan diperiksa sehingga dalam pemeriksaan nanti dapat terlaksana dengan baik dan lancar," kata Ketua Tim Pemeriksa dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Kalteng Hendro Sulistyo di Muara Teweh, Selasa.

Apalagi, kata Hendro Pemkab Barut sudah tiga kali mempertahankan opini wajar tanpa pengucualian (WTP), sehingga kembali dapat dipertahankan.

"Karena mempertahankan lebh sulit daripada memperolehnya," kata Hendro.

Pada pertemuan dengan Tim BPK tersebut bersama perangkat daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara juga dihadiri Sekretaris Daerah setempat Jainal Abidin.

Sekretaris Daerah Pemkab Barito Utara, Jainal Abidin menyatakan pemerintah Kabupaten Barito Utara berhasil meraih prestasi terbaik penyelesaian persentase tindaklanjut berdasarkan rekomendasi hasil pemeriksaan (TLHP) BPK semester II tahun 2017 se-Kalimantan Tengah.

"Prestasi ini dengan mendapat piagam penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan perwakilan Kalteng di Palangka Raya," katanya.

Pemkab Barito Utara berhasil menyelesaikan laporan hasil pemeriksaan rekomendasi BPK RI atas laporan keuangan sejak tahun 2004 sampai 2016.

Prestasi terbaik ini juga pada semester I tahun ini hingga semester II tahun 2017 dengan nilai secara keseluruhan mencapai 99,23.

"Kita harapkan dengan prestasi ini, Barito Utara akan mampu kembali mempertahankan opini WTP atas laporan keuangan tahun 2017 yang akan diumumkan sekitar bulan Mei 2018 mendatang," kata Jainal.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara, berhasil meraih opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Kalteng atas laporan keuangan tahun 2016.

Laporan hasil pemeriksaan BPK-RI diserahkan Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Kalimantan Tengah, Cornell Syarief Prawiradiningrat, dan diterima langsung Bupati Barito Utara Nadalsyah di Palangka Raya pada bulan Mei 2017 lalu.

Pemkab Barito Utara memperoleh opini WTP ini merupakan yang ketiga kalinya atau tiga tahun berturut-turut.Opini ini merupakan salah satu gebrakan Pemkab pedalaman Sungai Barito sejak dipimpin Nadalsyah.

Sebelumnya Pemkab Barito Utara pernah selama empat tahun berturut-turut meraih hasil buruk yakni disclaimer.

"Hasil pemeriksaan yang diterima merupakan bentuk petunjuk untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan menjadi lebih baik, terkait pengelolaan keuangan pada masa yang datang," kata Bupati Nadalsyah.

Sebagai entitas pemeriksaan keuangan Pemkab Barito Utara akan terus berupaya memperbaiki kelemahan dan kekurangan yang menjadi temuan pemeriksaan.

Bupati Nadalsyah berharap, dengan semakin baiknya pengelolaan keuangan akan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan di Barito Utara.

"Meraih opini WTP ketiga kalinya ini adalah tantangan bagi kami untuk mempertahankannya kembali," kata dia.