Anggota DPRD ini akui sejumlah tenaga penyuluh belum dapat sarana penunjang kerja

id DPRD Palangka Raya,Sugianor,Ketua KTNA Kalteng

Anggota DPRD ini akui sejumlah tenaga penyuluh belum dapat sarana penunjang kerja

Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Sugianor. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

...Namun saya melihat belum semua penyuluh mendapat sarana penunjang seperti motor belum disediakan pemerintah. Ini yang saya minta dianggarkan,"
Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palangka Raya, Sugianor, meminta pemerintah kota meningkatkan fasilitas penunjang bagi para tenaga penyuluh di kota tersebut.

"Peran para penyuluh perikanan dan pertanian sudah cukup baik. Namun saya melihat belum semua penyuluh mendapat sarana penunjang seperti motor belum disediakan pemerintah. Ini yang saya minta dianggarkan," kata Sugianor di Palangka Raya, Kamis.

Menurut Sugianor, penyuluh tersebut merupakan perwakilan dari kelompok petani dan nelayan, yang selanjutnya dijadikan kepanjangan tangan pemerintah "Kota Cantik" Palangka Raya dalam upaya meningkatkan produksi perikanan dan pertanian masyarakat.

Politisi PKB itu mengatakan ketika pemerintah tidak mampu menjangkau seluruh peternak ikan maupun petani karena keterbatasan personilnya maka di sini akan terlihat peran penyuluh yang ada.

Untuk itu, penyediaan motor sebagai penunjang tugas sangat penting disiapkan pemerintah kota.

"Meski menyuluh sudah menjadi bagian dari tugas, namun setidaknya pemerintah kota juga memberi sedikit perhatian. Mengingat penyuluh yang harus sering terjun ke lapangan dan berinteraksi langsung dengan masyarakat, maka saya rasa penyediaan alat transportasi ini harus diupayakan," katanya.

Di sisi lain, pria yang juga sebagai Ketua KTNA Kalteng ini juga meminta penyuluh meningkatkan kemampuan, pengetahuan, perilaku dan sikap serta penguasaan teknologi.

Menurut dia, peningkatan kualitas penyuluh ini penting dilakukan agar mampu berinovasi baik terkait pengembangan produk maupun dalam mencari metode yang paling efektif dalam memberi penyuluhan.