Penghargaan Akuntabilitas Bukti Terukur Peningkatan ASN Kotim

id Bupati Kotim, H Supian Hadi, ASN Kotim

Penghargaan Akuntabilitas Bukti Terukur Peningkatan ASN Kotim

Bupati Kotim H Supian Hadi berbincang dengan sejumlah kepala SOPD, belum lama ini. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Penghargaan akuntabilitas kinerja tahun 2017 dengan predikat nilai B yang diraih Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menjadi bukti terukur peningkatan kinerja aparatur sipil negara (ASN) setempat.

"Prestasi ini karena kerja keras ASN. Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh ASN Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur atas capaian ini. Juga terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan, semangat, saran, pendapat dan masukannya," kata Bupati H Supian Hadi di Sampit, Kamis.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi memberikan penghargaan kepada Kabupaten Kotawaringin Timur atas prestasinya dalam akuntabilitas kinerja tahun 2017 dengan predikat nilai B atau baik. Ini merupakan peningkatan prestasi karena di tahun sebelumnya kabupaten ini hanya mendapat predikat nilai C.

Evaluasi atau penilaian akuntabilitas kinerja dilihat dari beberapa komponen yang dinilai. Komponen tersebut terdiri dari perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja dan capaian kinerja.

Supian mengakui, peningkatan kinerja ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, terlihat dari banyak capaian. Di antaranya opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksaan Keuangan, peningkatan pendapatan asli daerah, tertib administrasi keuangan, realisasi program pembangunan dan capaian lainnya.

Supian sangat mengapresiasi kerja keras dan keseriusan jajarannya dalam meningkatkan kinerja, termasuk dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Meski begitu, ada pula hal-hal yang masih harus dibenahi dan harus terus ditingkatkan.

Masih banyak program yang ingin dilaksanakan oleh pemerintah daerah untuk meningkatkan pembangunan yang diharapkan berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk mewujudkan itu, diperlukan dukungan penuh seluruh ASN dengan bekerja optimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

"Prestasi ini harus dipertahankan dan terus dilanjutkan serta lebih ditingkatkan. Kinerja juga harus lebih baik lagi dengan semangat yang kuat untuk membangun daerah menuju masyarakat sejahtera. Mari kita bergerak cepat membangun Kabupaten Kotawaringin Timur menuju Kalimantan Tengah berkah," ajak Supian.

Supian mendorong seluruh ASN untuk terus bekerja keras dan giat. Selaku pemimpin, dia mengevaluasi kinerja setiap ASN dalam kaitannya untuk memberi kesempatan pengembangan karier. Bahkan dirinya tidak akan segan mempromosikan ASN yang berprestasi untuk diberi kesempatan berkarier lebih luas di tingkat provinsi.

Janji itu sudah dibuktikannya dengan merelakan beberapa ASN terbaik Kotawaringin Timur yang kini diminta mengabdi di lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini juga menjadi suatu kebanggaan bagi pemerintah kabupaten dan masyarakat karena ada ASN mendapat promosi ke jabatan yang lebih baik.