Bupati Nadalsyah resmikan tiga fasilitas umum kecamatan di Barut

id bupati barut,H Nadalsyah,fasilitas umum

Bupati Nadalsyah resmikan tiga fasilitas umum kecamatan di Barut

Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi unsur FKPD dan pejabat lainnya menandatangani prasasti tanda diresmikannya pasar desa di Benangin Kecamatan Teweh Timur, Kamis (1/2). (Foto Dinas Kominfo dan persandian Barut)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, H Nadalsyah meresmikan tiga fasilitas umum di Kecamatan Teweh Timur yaitu Pasar Desa, Puskesmas dan PDAM Unit IKK Benangin.

"Pada peresmian tersebut Bupati Nadalsyah mengajak semua warga untuk maju ke depan. Saat ini kita mengetahui bersama bahwa kondisi kinerja usaha pasar tradisonal terindikasi dalam yang grafik," katanya di Desa Benangin Kecamatan Teweh Timur, Jumat.

Sementara itu pada saat yang sama, tambah dia, pasar modern seperti usaha ritel, mini market, super market terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Saat ini kita melihat bahwa pasar modern berkembang sedemikian pesatnya. Banyak investor dalam hingga luar negeri yang berminat menanamkan modalnya untuk mendirikan pasar modern.

"Hal ini secara langsung maupun tidak langsung akan menyebabkan pasar tradisional semakin terancam keberadaannya. Berbedanya fasilitas yang ada, menyebabkan pasar tradisional semakin kurang diminati, kondisi pasar yang sudah tertanam di kepala kita adalah pasar yang identik dengan kesan kumuh, kotir, jalan yang becek dan kotor juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan kurang diminatinya pasar tradisional," katanya.

Nadalsyah menjelaskan sangat berbanding terbalik dengan kondisi pasar modern yang dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti gedung yang ber AC, tempat yang bersih dan menarik, lampu-lampu penerangan, parkir yang luas dan segala hal yang memberikan kenyamanan kepada konsumennya disaat berbelanja menjadi salah satu faktor yang menyebabkan semakin banyaknya peminat untuk berbelanja dipasar modern.

Selain itu juga barang-barang kebutuhan yang ada dipasar modern juga lengkap, terjamin kebersihan hingga keamanannya dalam berbelanja. Menghadapi kenyataan itu, timbul tantangan di benak kita semua, bahwa kita harus dapat berinovasi merevitalisasi semua pasar tradisional yang menjadi pasar tradisional modern.

Untuk itu kita menyadari bahwa pasar desa masih memegang peranan penting dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat, banyak masyarakat yang masih menggantungkan hidupnya, baik selaku penjual maupun pembeli.

"Kondisi ini membuat pemerintah Kabupaten Barito Utara harus tetap memberikan perhatian serta pembinaan terhadap pembangunan dan perkembangan pasar desa," jelas dia.

Dia mengatakan keberadaan pasar desa memiliki cerita historis yang panjang sebagai sarana untuk menunjang aktifitas jual beli atau ekonomi masyarakat. Selain fungsi ekonomi kerakyatan, pasar desa juga merupakan tempat bertemu, saling menyapa dan terjadinya interaksi sosial diantara masyarakat.

Pasar merupakan wadah yang memiliki fungsi sosial yang strategis bagi masyarakat terutama dalam penanaman nilai-nilai kebersamaan, tradisi gotong royong dan persatuan yang selanjutnya akan dapat menumbuhkan rasa saling peduli dan rasa saling mebutuhkan antar masyarakat.