Bupati Barut buka MTQ tingkat kabupaten

id Bupati Barito Utara Nadalsyah,MTQ ke 49,Pembukaan MTQ di Muara Teweh

Bupati Barut buka MTQ tingkat kabupaten

Bupati Barito Utara Nadalsyah membuka MTQ tingat kabupaten setempat di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Rabu malam. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh  (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Utara, Kalteng H Nadalsyah membuka Musyabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 49 tingkat kabupaten setempat yang dgelar 7-10 Pebruari 2018 di areana terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Rabu malam.

Bupati Nadalsyah saat membuka kegiatan yang diikuti ratusan peserta dari sembilan kecamatan di Barito Utara itu mengucapkan selamat datang dan selamat bertanding serta sukses kepada seluruh kafilah, juga sebagai mempererat tali silaturahmi antar peserta MTQ Ke - 49 di Muara Teweh.

Nadalsyah juga mengajak seluruh warga masyarakat Barito Utara untuk selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai - nilai dan hikmah yang terkandung dalam Al'quran sehingga dapat terwujudnya semboyan tiada hari tanpa membaca Al'Quran. 

Untuk qari dan qariah, hafish-hafizah serta hattah dan hatatahah yang berdasarkan hasil dari penilaian yang akan menjadi dewan hakim nanti, sangat menentukan untuk keberhasilan LPTQ Barito Utara pada pelaksanaan MTQ 29 tingkat Provinsi Kalteng yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau pada 14-23 April 2018.

"Kita menyadari bahwa kemampuan kafilah kita di beberapa cabang yang dilombakan masih memiliki kelemahan seperti bidang hifz Al Quran golongan 10, 20, 30 juz dan tafsir Al Quran, dibanding dengan daerah-daerah lain," katanya.

Menurut dia, diperlukan adanya upaya yang maksimal oleh LPTQ Barito Utara agar para peserta yang akan mewakili Barito Utara pada MTQ ke 29 tingkat Kalteng dapat membawa harum nama daerah Kabupaten Barito Utara di ajang tingkat provinsi dan nasional.

Apalagi jelasnya pada tahun 2018 ada cabang lomba yang bertambah yaitu cabang syarhil dan fahmil Quran putra putri ditambah lagi qiraat murattal remaja dan dewasa ini menjadi tantangan besar LPTQ kedepan untuk mempersiapkan peserta yang akan berlaga ditingkat provinsi sampai nasional.

"Saya yakin dan percaya dengan kemampuan LPTQ Kabupaten Barito Utara yang tetap eksis dalam pembinaan qori dan qoriah yang mampu bersaing sampai tingkat nasional," kata Bupati yang akrab disapa Haji Koyem ini.

Ketua Panitia Aswadin Noor mengatakan menyatakan ajang ini diikuti oleh ratusan peserta dari 9 Kecamatan di Kabupaten Barito Utara.
Pembukaan Ajang yang diadakan setiap tahun ini dihibur oleh penampilan artis ibukota Reza D'Academy Asia yang menambah semaraknya acara.