Wali Kota pantau kesiapan personel dan perlengkapan pengamanan pilkada

id wali kota palangka raya, pilkada palangka raya, pengamanan pilkada

Wali Kota pantau kesiapan personel dan perlengkapan pengamanan pilkada

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia (dua kiri) bersama Ketua DPRD Palangka Raya, Sigit K Yunianto (pertama kiri) saat apel gelar pasukan pengamanan Pilkada di Kota Palangka Raya Jumat (9/2). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Dr HM Riban Satia memantau kesiapan personel dan peralatan pendukung dalam proses pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 di kota setempat.

Pemantauan tersebut dilakukan Riban saat pelaksanaan apel gelar pasukan pengamanan Pilkada Kota Palangka Raya 2018 yang dilaksanakan di halaman kantor wali kota pada Jumat.

"Gelar dan pengecekan kesiapan pasukan dan perlengkapan ini untuk memastikan pengamanan Pilkada siap dilakukan sehingga jika personel dan perlengkapan diperlukan siap langsung diterjunkan," kata Riban.

Dalam kesempatan itu, didampingi Dandim 1016 Palangka Raya Letkol Czi Chandra Adibrata, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul Rein Krisman Siregar, Ketua KPU Palangka Raya Eko Riadi, Ketua Panwaslu Endrawati dan Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto memeriksa langsung pasukan dan perlengkapan yang digelar.

Diantara perlengkapan yang turut di gelar dalam acara tersebut seperti mobil "water canon", senjata gas air mata, senjata laras panjang dan serta perlengkapan yang digunakan aparat dalam pengamanan.

Menurut Riban, sampai saat ini kondisi di Palangka Raya cenderung kondusif. Meski demikian, seluruh pihak baik aparat, maupun seluruh masyarakat perlu melakukan antisipasi gangguan Kamtibmas.

Di sisi lain, Riban berharap agar KPU memaksimalkan sosialisasi sehingga partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada meningkat.

"Harapan kita kalau bisa di atas 80 persen warga kita berpartisipasi memberikan suaranya. Partisipasi masyarakat menjadi salah satu indikator kualitas Pilkada," kata Riban.