DPRD Barsel harap pemkab beri pelatihan bagi pengusaha UMKM

id DPRD Barsel,Tamarzam,pengusaha UMKM

DPRD Barsel harap pemkab beri pelatihan bagi pengusaha UMKM

Ketua DPRD Barito Selatan, Tamarzam. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan Pemerintah Kabupaten setempat agar memberikan pelatihan bagi para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang ada di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel diharapkan agar memberikan pelatihan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)," kata Ketua DPRD Barsel, Tamarzam, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, tujuan dari pelatihan tersebut untuk meningkatkan ketrampilan, dan kemampuan para UMKM setempat.

"Karena, selama ini, pelatihan terhadap mereka sangat jarang dilaksanakan," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barsel itu.

Padahal lanjut dia, pelatihan ini sangat penting dilaksanakan supaya mereka nantinya akan lebih mampu mengembangkann keahlian dibidang usahanya masing-masing.

"Setelah melaksanakan pelatihan, tugas dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) teknis hendaknya mencari bapak angkat untuk menampung, dan memasarkan hasilnya," kata dia.

Selain itu juga tambah Tamarzam, UMKM dapat diberikan stimulan berupa bantuan modal awal agar mereka nantinya bisa berwirausaha sendiri.

Untuk itu ia meminta kepada pemkab Barito Selatan supaya mendata, sekaligus memfasilitasi para pelaku UMKM bisa mengurus Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Kepada pihak Dinas terkait juga diharapkan agar rajin mencari peluang di pusat, sehingga sejumlah program pusat bisa masuk di wilayah Barito Selatan ini.

"Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi meningkat, dan secara otomatis pendapatan per kapita penduduk juga ikut mengalami peningkatan sehingga angka kemiskinan di Barsel ini bisa terus mengalami penurunan," kata Tamarzam.