Ketua KUI Kalteng mengundurkan diri, kenapa ya ?

id KUI Kalteng,Kesatuan Umat Islam,Ormas Islam,Rumsyah Bagan,Kalimantan Tengah

Ketua Umum Kesatuan Umat Islam (KUI) Kalimantan Tengah Non Aktif KHM Rumsyah Bagan (Kiri) dan Sekretaris Umum KUI, Sajarwan ketika memberikan keterangan Pers Bahwa KUI tidak terlibat politik praktis (Foto Antara Kalteng / Rachmat Hidayat)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) – Kesatuan Umat Islam (KUI) Kalimantan Tengah untuk sementara tidak lagi dipimpin oleh HM Rumsyah Bagan, mengingat yang bersangkutan saat ini ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Pilkada Palangka Raya untuk pasangan calon Tuti Dau – H Rahmadi.

“Saya kebetulan juga aktif sebagai pengurus partai Gerindra Kalteng, dan saat ini ditunjuk oleh kawan-kawan menjadi Ketua Tim Pemenangan Tuti Dau – H Rahmadi. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk menonaktifkan diri sebagai Ketua KUI Kalteng,” katanya, di Palangka Raya, Selasa.

Menurutnya, KUI adalah tempat berkumpulnya ormas-ormas Islam. Oleh sebab itu tidak boleh terlibat politik praktis, apalagi jajaran pengurusnya kalangan intelektual.

Ia mengatakan meski di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) juga  tidak mengharuskan pengurus yang terlibat politik harus mundur, namun demi sterilisasi KUI dari politik ia harus mengundurkan diri untuk sementara.

“Dalam AD/ART tidak ada larangan, jika pengurus mengikuti kegiatan partai. Tapi sebagai mana tekad kami, KUI tidak boleh masuk atau terjerumus dalam politik jadi saya lebih memilih non akif sementara,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris KUI Kalteng, Sajarwan membenarkan bahwa non aktifnya HM Rumsyah Bagan karena tidak ingin melibatkan organisasi dalam politik praktis. Sebab KUI yang terdiri dari berbagai ormas Islam itu khawatir akan terbawa-bawa ke ranah politik jika pemimpinnya menjadi salah satu tim pemenangan dalam pilkada.

“Untuk sementara sebagai Pelaksana Tugas KUI Kalteng adalah H Katma F Dirun, yang juga merupakan Wakil Ketua KUI Kalteng” kata Jarwan.

KUI Kalteng dalam waktu dekat akan melakukan rapat, kata Sajarwan, rapat ini dalam penegasan bawah KUI Kalteng tidak mendukung dan terlibat dalam politik. 

“Mungkin dalam beberapa hari kedepan kami akan rapat bersama pengurus untuk meyakinkan masyarakat bahwa KUI tidak akan terlibat politik praktis,” demikian Sajarwan.

Pewarta :
Editor: Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar