Masyarakat Kotim keluhkan kesulitan jual sawit

id DPRD Kalteng,jual sawit,Masyarakat Kotim keluhkan kesulitan jual sawit,Syahrudin Durasid

Ilustrasi - Sejumlah petani memuat hasil panen tandan buah segar kelapa sawit. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Juru bicara Tim reses daerah pemilihan II DPRD Kalimantan Tengah, Syahrudin Durasid menyebut pihaknya ada menerima keluhan dari masyarakat Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur yang kesulitan menjual hasil panen buah sawit miliknya.

Informasi yang diterima saat melakukan kunjungan kerja bahwa perusahaan besar swasta (PBS) sektor perkebunan kelapa sawit hanya mau membeli buah sawit milik masyarakat apabila dijual dengan harga yang sangat rendah, kata Syahrudin di Palangka Raya, Selasa.

"Sempat terjadi tawar menawar harga antara masyarakat dengan PBS, tapi hasilnya tetap bersikukuh menawar dengan harga rendah. Kalau tidak menerima harga yang ditentukan PBS, mereka tidak mau membeli. Ini kan sungguh menyedihkan," tambahnya.

Politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini menyarankan kepada pihak masyarakat, untuk membentuk kelompok Tani yang khusus bergerak di bidang Perkebunan kelapa Sawit, sehingga nantinya akan lebih mudah berkoordinasi dengan pihak Pemerintah, dan pihak Pemerintah pun mudah mengakomodir keinginan dari masyarakat.

"Kalau saya menyarankan, masyarakat sebaiknya mebentuk kelompok Tani yang memang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit, sehinga nantinya bisa lebih mudah berkoordinasi dan di akomodir oleh Pemerintah setempat, bagaimana mencari solusi terbaiknya," demikian Syahrudin.

Sebelumnya, Senin (13/2), DPRD Kalteng mengadakan sidang paripurna ke-3 masa persidangan I tahun sidang 2018 dengan agenda penyampaian laporan hasil reses dapil I sampai V. Paripurna itu dipimpin langsung oleh Ketua Rendhard Atu Narang didampingin Wakil Ketua Abdul Razak dan Heriansyah serta anggota DPRD dan Plt Sekda Kalteng Fahrizal Fitri.

Hasil reses tim Dapil I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas dan Kota Palangka Raya di sampaikan Ergan Tunjung, Dapil II meliputi kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan diwakili Syahrudin Durasid,

Dapil III meliputi Kabupaten Kotawaringin Barat Sukamara dan Lamandau disampaikan Jimin.

Sementara dari Dapil IV Kalteng yang meliputi Kabupaten Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara dan Murung Raya disampaikan Anderiansyah, dan Dapil V meliputi pemilihan Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau diwakili Lodewik Ch Iban. 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar