Volume peredaran usaha koperasi di Barsel Rp72,7 miliar

id barsel, peredaran koperasi,usaha koperasi di Barsel

ilustrasi, Logo Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Istimewa)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mencatat volume peredaran usaha koperasi di kabupaten tersebut mencapai Rp72,746 miliar.

Jumlah volume peredaran koperasi usaha tersebut berdasarkan tabulasi data dari bidang koperasi dan UKM tahun 2017, kata Sekretaris Disdagkop UMKM Barsel, Sri Nuyati di Buntok, Selasa.

Sedangkan untuk sisa hasil usaha tahunlalu tercatat sebesar Rp962,6 juta lebih.

Adapun jumlah koperasi yang terdaftar hingga akhir 2017 lalu sebanyak 207 badan usaha koperasi yang tersebar dienam kecamatan.

"Untuk koperasinya berbentuk Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan Koperasi Serba Usaha (KSU),"jelas dia.

Dari jumlah tersebut lanjut Sri Nuyati, koperasi yang telah melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tercatat sebanyak 122 Koperasi.

"Sedangkan badan usaha koperasi yang tidak melaporkan kegiatannya berjumlah sebanyak 95 badan usaha," tambah dia.

Ia mengatakan, dukungan dari pemerintah dalam perkembangan koperasi sangat diperlukan, karena koperasi merupakan soko guru ekonomi yang mampu membangkitkan perekonomian daerah dengan segala bentuk usaha.

"Kendala yang dihadapi koperasi saat ini sebagian besar koperasi belum memiliki kemampuan untuk menjalankan peranannya secara efektif, dan kuat," tambah dia.

Hal tersebut disebabkan koperasi masih menghadapi hambatan hambatan struktural dalam penguasaan faktor produksi khususnya permodalan, dan keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menggerakan kegiatan usaha.

"Kita akan terus melakukan pembinaan agar koperasi di daerah ini bisa menjadi lebih kreatif, dan inovatif serta mampu menjadi saluran komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak," ucap dia.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar