350 Wanita di Kapuas tes IVA dan Sadanis Gratis

id tes IVA dan Sadanis Gratis,kanker rahim,Yayasan Kemala Bhayangkari,Polres Kapuas,Lina Anang Revandoko

Ratusan kaum perempuan di wilayah Kabupaten Kapuas antri mendaftar untuk ikut pemeriksaan IVA dan Sadanis secara gratis di Mapolres Kapuas dalam rangka HUT Yayasan Kemala Bhayangkari ke-38, Rabu (14/2/18). (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antaranews Kalteng) - Yayasan Kemala Bhayangkari dalam memperingati HUT ke-38 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dan BPJS memberikan pelayan gratis kepada 350 kaum perempuan di wilayah setempat. 

Pelayanan tersebut berupa pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) dan Sadanis (Pemeriksaan Payudara Klinis) di Mapolres Kapuas.

"Pemeriksaan IVA dan Sadanis ini adalah salah satu cara untuk mendekteksi kangker rahim kaum perempuan. Pemeriksaan ini adalah alternatif yang baik karena lebih murah dan praktis," kata Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Kalimantan Tengah, Lina Anang Revandoko di Kuala Kapuas, Rabu.

Selain praktis dan mudah, lanjut isteri Kapolda Kalteng itu, karena pemeriksaan sistem ini dapat dilaksankan oleh tenaga kesehatan selain dokter dan dirinya juga berpesan agar pencegahan dengan metode IVA dan Sadanis tersebut harus di gencarkan karena selain biayanya lebih murah serta lebih cepat akurasinya.

"Melalui kegiatan ini saya harapkan kepada ibu yang hadir dan yang lainnya, untuk melaksanakan deteksi dini kangker rahim untuk mengindari dari kanker tersebut," pesannya.

Lina Anang Revandoko Ketua Yayasan Kemala Bhayangkari Kalimantan Tengah hadir dalam pemeriksaan IVA dan Sadanis secara gratis, Rabu (14/2/18).

Sementara itu Apendi Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas menambahkan bahwa kaum perempuan punya peran vital dalam keluarga yang harus sehat secara fisik dan mental.

"Terkait status kesehatan perempuan, kita harus waspada bahwa ada dua kanker utama penyebab kematian yaitu kangker payudara dan kanker leher rahim atau serviks," ucapnya mengingatkan.

Dijelaskannya kanker tersebut dapat dicegah bila secara rutin kaum perempuan sadar dan mau memeriksakan dirinya untuk deteksi kanker sejak dini.

Pemeriksaan IVA untuk kanker leher rahim dan pemerksiaan Sadanis untuk kanker payudara.


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar