Investor India dirikan tiga pabrik gula di Barito Selatan

id investor india,pabrik gula,barito selatan,bupati barsel Eddy Raya Samsuri

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Investor asal India telah menyiapkan pembukaan 40 ribu hektare perkebunan tebu sebagai langkah awal mendirikan sejumlah pabrik guna di wilayah Kabupaten Barito Selatan.

"Investor asal India sudah siap berinvestasi produksi gula," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Karau Kuala di Bangkuang, Rabu.

Perusahaan asal India itu telah memiliki 69 pabrik gula tersebar di negaranya.

Untuk investasi pendirian pabrik gula di Barsel disiapkan dana mencapai Rp9 triliun, ujar Bupati Eddy Raya Samsuri.

Investor asal India itu akan mendirikan tiga pabrik gula di Barsel yaitu di Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Karau Kuala, dan Kecamatan Jenamas.

Pembukaan lahan perkebunan tebu antara 30 hingga 40 ribu hektare tersebar pada tiga wilayah kecamatan yang menjadi lokasi pendirian pabrik gula.

Kehadiran investor asal India itu akan mendatangkan nilai tambah besar bagi masyarakat Barsel termasuk serapan tenaga kerja lokal.

"Perkebunan tebu dan pendirian pabrik gula sudah pasti akan menyerap ribuan tenaga kerja. Masyarakat juga akan mendapat nilai tambah peluang berusaha dan peningkatan pendapatan keluarga," ucap Bupa

Musrenbang kecamatan yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Karau Kuala tersebut dihadiri Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), dan anggota DPRD kabupaten setempat.

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar