DPRD Kalteng Minta pemda buat terobosan terkait harga karet

id DPRD Kalteng,Syahrudin Durasid,karet

DPRD Kalteng Minta pemda buat terobosan terkait harga karet

Tim reses Daerah Pemilihan II DPRD Kalimantan Tengah, Syahrudin Durasid. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Tim reses Daerah Pemilihan II DPRD Kalimantan Tengah meminta pemerintah provinsi bersama kabupaten membuat terobosan terkait harga getah karet agar masyarakat yang mengandalkan nafkahnya dari komoditi tersebut tidak selalu dirugikan.

Informasi yang diterima dari sejumlah pihak bahwa sekarang ini harga karet di sejumlah kabupaten terkesan dipermainkan oleh pengepul dengan alasan harga pasar dunia, kata juru bicara Tim Reses DPRD Kalteng Dapil II, Syahrudin Durasid di Palangka Raya, Kamis.

"Itu kenapa kita meminta ada terobosan, apakah dengan membuat pabrik sebagai bahan jadi atau setengah jadi. Jika ini bisa bisa direalisasikan, kami yakin harga jual getah karet dapat tinggi, sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian masyarakat," tambahnya.

Pemprov dan kabupaten/kota se-Kalteng juga perlu membuat kebijakan bersama terkait kondisi getah karet. Kebijakan tersebut dapat menjadi landasan untuk menyampaikan rekomendasi kepada Pemerintah Pusat terkait harga getah karet.

Syahrudin mengatakan, selain masalah harga getah karet, tim reses Dapil II DPRD Kalteng juga mengharapkan adanya campur tangan Pemprov dan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melengkapi berbagai macam fasilitas dan prasarana kesehatan di rumah sakit Dr Murjani Sampit dan Hanau.

"Kami berharap berbagai temuan dan saran yang telah kami sampaikan terkait hasil reses dapat ditindaklanjuti Pemprov maupun Kabupaten/Kota. Ini penting agar reses mendatang tidak berulang kembali temuan tersebut," kata Syahrudin.

Tim reses Dapil II DPRD Kalteng selama enam hari melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan Seruyan. Tim reses ini dikoordinatori Heriansyah, Ketua Tim Fahruddin, sekretaris Syahrudin Durasid, anggota Artaban, Syamsul Hadi, Iswanti, Marni, Suwarno, Putri Noor Hajah, dan Yovy Aprilliade.

Dalam reses ini, tim sempat melakukan pertemuan dengan Bupati Kotim dan Bupati Seruyan. Sedangkan kunjungan lapangan yang dilakukan di Kabupaten Kotim yakni Kecamatan Telaga Antang, Kecamatan Seruyan Raya Kabupaten Seruyan.