Pemkab Barsel diharap kembangkan komoditas lokal

id DPRD Barsel, Ensilawatika Wijaya, komoditas lokal

Pemkab Barsel diharap kembangkan komoditas lokal

Anggota DPRD Barito Selatan, Ensilawatika Wijaya. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah diminta terus menggali dan mengembangkan komoditas lokal di wilayah setempat.

"Kita mengharapkan Pemkab Barsel agar mengembangkan dan menggali sumber daya alam atau komoditas khas lokal agar bisa dikembangkan menjadi produk unggulan," kata anggota DPRD Barsel Ensilawatika Wijaya di Buntok, Sabtu.

Menurut dia, hal ini sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Barito Selatan.

"Komoditas lokal yang bisa dikembangkan tersebut seperti rotan, dan karet, serta potensi lainnya yang bisa menjadi nilai tambah bagi masyarakat," ucap dia.

Oleh karena itu ia berharap, agar instansi terkait dapat mencari cara pengembangan dan menggali potensi komoditas yang ada untuk dikembangkan.

"Apalagi saat ini harga rotan, dan karet sedang anjlok, dan perlu dikembangkan dalam kreasi yang memiliki nilai tambah agar pendapatan masyarakat bisa meningkat," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan adanya kreatifitas produk dari komoditas lokal maka bisa dijual dan semua itu demi meningkatkan perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat Barito Selatan.