KPU Barito Utara gelar deklarasi kampanye damai

id kpu barut,deklarasi kampanye damai,pilkada serentak

KPU Barito Utara gelar deklarasi kampanye damai

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Utara H Nadalsyah-Sugianto Panala Putra (kiri) dan Taufik Nugraha-Ompie Herby membacakan ikrar bersama kampanye damai di Muara Teweh, Minggu (18/2). (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggelar kegiatan deklarasi kampanye damai dalam rangka pemilihan bupati dan wakil bupati setempat tahun 2018.

Deklarasi kampanye damai dihadiri Pjs Bupati Barito Utara, Sapto Nugroho dan pejabat lainnya serta pasangan calon bupati dan wakil bupati H Nadalsyah-Sugianto Panala Putra dan Taufik Nugraha-Ompie Herby, partai pengusung dan pendukung lainnya di Bundaran Buah Muara Teweh, Minggu.

Ketua KPU Barito Utara, Alamsyah mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan momentum kesepakatan bersama antara pasangan calon H Nadalsyah-Sugianto Panala Putra dan pasangan calon Taufik Nugraha-Ompie Herby.

Disamping itu tim kampanye dan penyelenggara pemilihan bupati dan wakil bupati untuk berkomitmen melaksanakankampanye secara damai, tertib dan sopan, bersipat mendidik, memberi informasi yang benar, bermanfaat dan menciptakan kecerahan bagi pemilih.

"Kampanye yang dilaksanakan oleh pasangan calon, parpol atau gabungan parpol atau tim kampanye dilaksanakan dengan metode pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye kepada umum, pemasangan alat peraga kampanye dan kegiatan lainnya," katanya.

Dalam masa kampanye, katanya parpol dan gabungan parpol, paslon atau tim kampanye dapat memberikan makan, minum dan transportasi kepada peserta kampanye yang ikut, tapi tidak boleh memberikan memberikan dalam bentuk uang.

Selain itu, pejabat negara termasuk anggota DPRD yang menjadi tim kampanye paslon dapat ikut kegiatan kampanye dengan mengajukan cuti kampanye diluar tanggungan negara dan menyerahkan surat izin cuti kepda KPU Barito Utara paling lambat 3 hari sebelum kampanye.

"Pada hari ini kita deklarasi kampanye damai, berarti kita berikrar akan melaksanakan kampanye dengan baik, sopan, santun, beradab, memberikan pendidikan politik kepada masyarakat pemilih, memberikan informasi yang bermanfaat, menjauhi penyebaran informasi yang tidak benar, tidak ada fitnah dan tidak ada kebohongan dan tidak ada politik uang dan tidak menyebar kebencian," ujar Alamsyah.

Sebelum dilaksanakan aksi kampanye damai dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua, terlebih dahulu dua pasangan calon membacakan ikrar bersama yang dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai serta pelepasan burung merpati.