KPU Bartim gelar deklarasi damai Pilkada Bartim

id pilkada bartim,kpu bartim, deklarasi damai bartim

KPU Bartim gelar deklarasi damai Pilkada Bartim

Ketua KPU Bartim Zainal Hamli didampingi Plt Bupati Bartim H Suriansyah berfoto bersama forkopimda dalam deklarasi kampanye damai Pilkada Bartim 2018 ini. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Komisi Pimilihan Umum Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menggelar deklarasi kampanye damai pemilihan bupati dan wakil bupati Bartim 2018 di halaman eks pameran di jalan Patianom Tamiang Layang, Minggu.

Ketua KPU Bartim, Zainal Hamli mengatakan, deklarasi ini dihadiri ketiga pasangan calon yakni nomor urut 1 Pancani Gandrung - H Mukhtar Abdul Rahman (Pamur), nomor urut 2 H Supriatna - Yudha Nyampai dan nomor urut 3 hanya dihadiri Habib Said Abdul Saleh.

"Deklarasi kampanye damai dimaksud agar gelaran Pilkada Bartim bisa berlangsung aman dan damai," terang Zainal. 

Menurutnya, pelaksanaan kampanye damai merupakan gelaran serentak seluruh Indonesia, sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan KPU RI.

Harapannya agar terlaksananya pilkada Bartim yang aman, damai tertib dan meriah.

Dijelaskan Zainal, deklarasi kampanye damai tersebut merupakan bentuk pernyataan perang terhadap semua kegiatan yang berbau SARA (Suku Agama Ras dan Antar golongan) dan politik uang.

"Juga sebagai bentuk perlawanan terhadap ujaran kebencian dan memerangi berita bohong atau hoax," kata Zainal.

Zainal juga mengharapkan para pasangan calon bupati dan wakil bupati Bartim periode 2018 - 2023 berserta seluruh tim sukses masing-masing bisa mensukseskan pesta demokrasi dengan menjunjung tinggi kesepakatan deklarasi damai yang telah disepakati bersama.

Deklarasi tersebut dihadiri Plt Bupati Bartim H Suriansyah, Kapolres Bartim Wahid Kurniawan SIK beserta jajaran, Ketua KPU Bartim Zainal Hamli dan komisioner lainnya serta unsur Forkopimda lainnya.

Pelaksanaan deklarasi kampanye damai dimulai dengan pembacaan deklarasi damai yang selanjutnya ditandatangani bersama oleh pasangan calon diikuti tim sukses.

Kemudian dilanjutkan konvoi bersama dengan rute Tamiang Layang ke bundaran Pasar Panas dan dilanjutkan ke Kelurahan Ampah Kecamatan Dusun Tengah dan kembali ke depan KPU Bartim di jalan A Yani Tamiang Layang.

TNI kodim 1012 Buntok dan Polres Bartim bersenjata lengkap juga ikut mengamankan jalanya deklarasi kampanye damai tersebut. Sedangkan Satlantas turut serta mengawal konvoi mobil deklarasi kampanye damai tersebut.