Kapolda Kalteng kunjungi pesantren minta dukungan ulama

id kapolda kalteng, pesantren sampit

Kapolda Kalteng kunjungi pesantren minta dukungan ulama

Kapolda Kalteng Brigjen Anang Revandoko disambut Ustaz Ahmad Rayyan Zihdi Abrar saat tiba di Pondok Pesantren Darul Amin Sampit, Selasa (20/2/2018). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Kapolda Kalimantan Tengah, Brigjen Anang Revandoko meminta dukungan ulama dan santri untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat sehingga kondisi daerah selalu kondusif.

"Terlebih tahun ini ada sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah menggelar pemilihan kepala daerah. Walaupun di Kotawaringin Timur tidak menggelar pemilihan kepala daerah, kami tetap mengajak semua pihak untuk menjaga daerah agar selalu kondusif," kata Anang saat berkunjung ke Sampit, Selasa.

Anang didampingi Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Muchtar Supiandi Siregar, bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Amin di Jalan HM Arsyad. Dia disambut antuasias santri dan pengajar di pondok pesantren tersebut.

Dia menilai pondok pesantren berkontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Tempat ini menjadi wadah pembinaan generasi muda agar mampu menjadi manusia yang mumpuni dalam hal pengetahuan umum dan agama.

Darul Amin Sampit yang memiliki santri laki-laki dan perempuan lebih dari 300 orang, secara nyata membantu pemerintah dalam membina generasi muda agar tidak terjerumus pada pergaulan dan tindakan negatif. Lebih dari itu, pondok pesantren menjadi wadah mencetak generasi penerus pemimpin masa depan yang beriman dan bertakwa sehingga diharapkan mampu membawa kemajuan daerah dan bangsa ini.

Secara khusus Anang mengapresiasi kondisi Kotawaringin Timur yang aman dan kondusif. Semua pihak, termasuk ulama dan santri, bergandengan dengan kepolisian untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Anang mengimbau masyarakat selalu menjaga kerukunan dan toleransi yang selama ini sudah terjalin sangat baik. Masyarakat diminta tidak terpengaruh oleh informasi maupun provokasi yang bisa menimbulkan perpecahan dan mengganggu keamanan daerah.

"Kami dari kepolisian selalu siap melindungi masyarakat, termasuk para ulama. Kami juga mohon doanya agar kondisi Kalimantan Tengah dan bangsa ini selalu aman dan kondusif. Nanti saya akan datang lagi bersilaturahmi," ujar Anang.

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Amin Sampit, Ustaz Ahmad Rayyan Zihdi Abrar sangat gembira dengan kedatangan Kapolda dan rombongan. Menurutnya, kunjungan itu menunjukkan Polri dekat dengan masyarakat dan mengayomi semua pihak.

"Kami merasa terayomi dan dilindungi. Selama ini silaturahmi dan sinergitas dengan Kepolisian sudah terjalin dengan sangat baik. Kami selalu siap mendukung Kepolisian dalam menjaga daerah agar selalu kondusif," kata Rayyan.

Sementara itu, usai bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Amin, Kapolda dan rombongan bergabung dengan Bupati H Supian Hadi menyambut kedatangan Habib Syech yang akan memimpin acara Kotawaringin Timur Bersalawat di Stadion 29 November Sampit pada Selasa malam.