Pemkab Barut berikan vitamin A kepada balita

id Pemkab Barut,Muhlis, vitamin A

Pemkab Barut berikan vitamin A kepada balita

Kepala Bappeda dan Litbang Barito Utara, Muhlis didampingi Sekdis Kesehatan Siswandoyo saat memberikan tetesan vitamin A kepada balita usai kegiatan pembukaan musrenbang di Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Senin (19/2). (Foto Kominfo dan Persan

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah memberikan vitamin A kepada balita di sejumlah desa di Kecamatan Gunung Purei yang merupakan bulan pemberian vitamin A.

"Berilah vitamin A untuk anak-anak kita agar anak-anak kita memiliki mata yang sehat serta daya tahn tubuh yang kuat terhadap serangan berbagai penyakit," kata Kepala Bappeda dan Litbang Barut, Muhlis usai membuka Musrenbang kecamatan di Desa Lampeong Kecamatan Gunung Purei, Selasa.

Menurut Muhlis, bulan Februari merupakan bulan pemberian vitamin A kepada balita, sehingga kepada semua masyarakat dihimbau pada bulan ini agar membawa balita umur 6 bulan hingga 5 tahun ke posyandu, polides, poskesdes maupun puskesmas untuk memperoleh vitamin A secara gratis.

"Pemberian vitamin A adalah salah satu investasi untuk putra dan putri kita dalam menghasilkan generasi yang berkualitas," kata dia.

Pada Musrenbang kecamatan juga dilakukan penandatanganan MoU desa ramah anak antara Dinas Pengendalian,Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Barito Utara dengan seluruh Kepala Desa se Kecamatan Gunung Purei serta penyerahan alat-alat kesehatan yang disaksikan Camat Gunung Purei Agus Siswandi.

Kepala Bappeda dan Litbang Barito Utara, Muhlis mengatakan bahwa penyelenggaraan musrenbang sebagai perwujudan pelaksanaan amanah Undang-Undang Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Didalam musrenbang terdapat keterlibatan stakeholder dengan berbagai kebutuhan prioritas, rencana dan kepentingannya masing-masing.

"Tujuan dari pelaksanaan musrenbang kecamatan ini untuk menyinkronkan hasil-hasil dari kesepakatan Musrenbangdes yang akan digunakan untuk menyempurnakan rancangan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan sebagai landasan penyusunan RAPD tahun 2019," katanya.

Dia mengatakan dalam penyusunan RKPD Kabupaten Barito Utara tahun 2019, salah satu tahapan yang harus dilalui adalah Musrenbang tingkat kecamatan yang kita laksanakan pada hari ini.

Sebelumnya terlebih dahulu dilaksanakan musrenbang tingkat desa/kelurahan untuk menentukan usulan prioritas dari masing-masing desa/kelurahan.

"Kita harapkan melalui musrenbang ini dapat menampung aspirasi masyarakat," ujar Muhlis.