Simak ini gizi yang terkandung dalam Durian

id Makanan, Buah, durian

Durian (Istimewa)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Musim durian tiba. Di beberapa wilayah Tanah Air seperti Serang, Bogor dan Palembang, pedagang buah musiman ramai-ramai menawarkan buah yang memiliki bau tajam itu.

Namun, sebelum mengonsumsinya, tahukah Anda soal kandungan gizi apa dalam durian mulai dari kalori hingga mineralnya? Berikut fakta gizi yang terkandung dalam durian seperti dilansir dari laman Livestrong:  

Kalori dan Lemak
Satu cangkir durian mengandung 357 kalori. Jika Anda khawatir dengan kalori, durian mungkin bukan pilihan terbaik. Buah ini juga mengandung sedikit lemak, yakni 13 gram per porsi, menyumbang 33 persen kalori.  

Karbohidrat dan Serat
Satu cangkir durian memenuhi kira-kira setengah dari 130 gram kebutuhan karbohidrat harian. Perhatikan secara cermat konsumsi karbohidrat Anda, karena terlalu banyak karbohidrat dapat meningkatkan risiko penambahan berat badan.
  
Konsumsi durian memberi kontribusi serat dalam jumlah besar yakni 9,2 gram. Sertakan 25-38 gram serat dalam menu makanan Anda setiap hari untuk membantu menangkal sembelit, diare dan divertikulitis. 

Protein
Durian mengandung 3,6 gram protein, atau 6,4- 7,8 persen dari asupan harian yang disarankan yakni 46-56 gram. Sebuah studi dalam "American Journal of Gastroenterology" pada Mei 2010 menunjukkan bahwa protein dari daging dan ikan dapat menyebabkan peningkatan risiko sindrom iritasi usus besar, sehingga mendapatkan protein dari buah, sayuran dan sumber lain mungkin lebih bijak agar tak terkena masalah ini.  

Vitamin dan mineral
Satu cangkir durian mengandung 48 miligram vitamin C atau 80 persen kebutuhan vitamin C harian, ditambh 61 persen tiamin. Selain itu, durian juga mengandung 38 persen B-6 dan 30 persen kalium yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari.  

Mengonsumi durian juga membuat Anda mendapatkan sekitar 25 persen asupan riboflavin dan tembaga.  

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa


Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar