Bupati Barsel targetkan serapan anggaran triwulan pertama harus tercapai

id Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri,anggaran SOPD

Bupati Barsel targetkan serapan anggaran triwulan pertama harus tercapai

Bupati Barsel, Eddy Raya Samsuri saat diwawancarai wartawan. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengingatkan Satuan Organisasi Perangkat Daerah setempat agar penyerapan anggaran sesuai target yang ditentukan.

"Karena ini sudah minggu terakhir Februari 2018, artinya tinggal satu bulan lagi triwulan pertama akan berakhir," katanya saat penandatanganan kontrak pekerjaan proyek secara kolektif di Buntok, Selasa.

Ia mengatakan, untuk target serapan anggaran pada triwulan pertama ini harus bisa tercapai sebesar 20 hingga 30 persen.

"Melihat target tersebut, dan realitasnya baru akhir Februari ini dilaksanakan kick off penandatanganan kontrak, maka ada kekhawatiran tidak tercapainya target itu, dan diharapkan kekhawatiran ini tidak menjadi kenyataan," ucap Bupati.

Karena lanjut dia, masih ada waktu satu bulan lagi bagi seluruh perangkat daerah untuk memacu, dan berlari kencang memenuhi target realisasi triwulan pertama, dan ini merupakan perhatian bagi semua kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Selain itu ia juga memberikan apresiasi kepada perangkat daerah yang sudah melakukan penandatanganan kontrak pada hari ini, meskipun persentasenya kecil dibandingkan dengan seluruh kegiatan yang ada pada 2018.

"Meskipun kecil, akan tetapi ini merupakan contoh, dan bisa memotivasi bagi perangkat daerah yang lainnya untuk berbuat yang sama, atau bahkan lebih lagi," ujar Bupati.

Ia mengatakan, kinerja perangkat daerah akan terus saya pantau, dan evaluasi, termasuk kinerja dalam mempercepat proses pengadaan barang, dan jasa dengan tetap berpegang pada ketentuan aturan yang berlaku.

"Saya juga meminta kepada pihak ketiga yang memenangkan proses pelelangan, diharapkan melaksanakan pekerjaannya dengan baik, dan benar sesuai dengan kontrak yang ditandatangani, termasuk spesifikasi, dan petunjuk teknis lainnya," pinta dia.

Acara Kick Off penandatanganan kontrak proyek secara kolektif tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta Ketua dan anggota DPRD kabupaten setempat.