OPD Bartim diminta buat program prioritas sesuai visi-misi daerah

id Bartim,Plt Bupati Bartim Suriansyah,Barito Timur,OPD

OPD Bartim diminta buat program prioritas sesuai visi-misi daerah

Plt Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Suriansyah. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Plt Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, H Suriansyah mengatakan, rapat kordinasi organisasi perangkat daerah (OPD) yang dilaksanakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah setempat untuk menindaklanjuti musyawarah rencana pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan. 

"Mana yang prioritas dan mana (program) yang bisa ditunda. Karena keuangan APBD kita yang tidak bisa mengakomodir semuanya. Jadi nanti melalui rapat akan diputuskan mana yang prioritas tersebut," kata Plt Bupati Bartim H Suriansyah usai membuka rakor forum OPD se Bartim, Selasa.

Suriansyah juga mengharapkan kepala OPD yang melaksanakan rapat untuk bisa membuat program prioritas dengan panduan Visi - Misi daerah yakni sektor ekonomi kerakyatan, pertanian, kesehatan dan pendidikan.

Kepala Bappeda Bartim, Panahan Moetar menegaskan, usai dilaksanakan musrenbang tingkat kecamatan maka ditindaklanjuti dengan rakor forum organisasi perangkat daerah yang bertujuannya untuk menyaring dan menjaring target sasaran pembangunan pada tahun 2019 nanti.

"Karena tahun 2019 merupakan tahun pertama tahap ketiga Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) sedangkan RPJM daerah dibuat setelah terpilihnya Bupati pada pertengahan 2018 ini dan enam bulan setelah itu RPJM harus siap," kata Panahan.

Seperti yang saya sampaikan tadi maka tiga poin penting tetap mengarah pada peningkatan ekonomi kerakyatan baik dari sisi pertanian, perkebunan dan perikanan, termasuk juga pariwisata, infrastruktur, kesehatan dan pendidikan. Itu yang menjadi skala prioritas sesuai RPJP, katanya lagi.

Sebab itu, lanjutnya, masing-masing OPD bisa memahami dan mendalami yang menjadi acuan dalam membuat rencana strategis daerah dan rencana kerja daerah agar dalam RPJM nanti semua terakomodir.