Pemeriksaan kesehatan calon haji Kapuas dipercepat

id haji kapuas,dinkes kapuas,haji kalteng

Pemeriksaan kesehatan calon haji Kapuas dipercepat

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi. (Foto Antara Kalteng/Ahmad Effendi)

Kuala Kapuas (Antaranews Kalteng) - Pemeriksaan kesehatan Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Kapuas sebagai salah satu syarat dapat berangkat ke tanah suci, pelaksanaannya akan dipercepat mulai bulan Maret ini.

"Ada satu kegiatan yang rutin kita lakukan setiap tahunnya yaitu pemeriksaan kesehatan bagi calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci, untuk tahun 2018 pelaksanaannya akan dipercepat mulai bulan Maret ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi, Rabu (28/2/18).

Biasanya, lanjutnya, pemeriksaan kesehatan tahap akhir bagi CJH sekitar bulan Mei atau Juni, namun tahun ini tahapannya berubah mengingat adanya perubahan sistem dari pusat mengenai syarat lolosnya berangkat haji.

"Sistem sekarang harus diperiksa dulu kesehatannya dan dinyatakan lolos baru pelunasan biaya hajinya," terangnya.

Perubahan tahapan CJH dilakukan, karena ada beberapa kasus sebelumnya yang orangnya sudah bayar lunas, namun pada saat pemeriksaan kesehatan didapati penyakit yang berbahaya hingga berujung menjadi permasalahan dan CJH protes.

"Sekarang menggunakan sistem online dan lebih gampang. Kita punya data langsung online," ucapnya.

Untuk itu dirinya mengimbau agar para calon jamaah haji uang tahun ini berjumlah sekitar 400 orang agar mempersiapkan diri dari segi kesehatan secara baik dan benar.

"Persiapkan diri secara baik dan benar terutama penyakit yang menular maupun tidak, sehingga saat keberangkatan berjalan lancar tanpa halangan," imbaunya.