Pelaksanaan vaksinasi rabies di Barsel akhir april

id pemkab barsel, Hevijanto, vaksinasi rabies

Pelaksanaan vaksinasi rabies di Barsel akhir april

Kabid Peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barsel, Hevijanto. (Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, akan melaksanakan vaksinasi rabies pada akhir April 2018 mendatang.

"Untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi rabies secara rutin dalam setiap tahunnya dilaksanakan pada Mei, namun akan dipercepat pada akhir April mengingat pertengahan Mei sudah memasuki bulan Ramadhan," kata Kabid peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Hevijanto, di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, dalam kegiatan yang akan dilaksanakan pada 2018 ini, pihaknya akan menargetkan sebanyak 3 ribu hewan peliharaan yang akan dilakukan vaksinasi rabies.

"Hewan peliharaan milik warga yang divaksin tersebut berada disejumlah desa yang tersebar dilima kecamatan di daerah ini," ucap Hevijanto.

Menurut dia, adapun lima kecamatan tempat dilaksanakan vaksinasi rabies itu yakni di sejumlah desa di Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, Gunung Bintang Awai, Karau Kuala, dan di Kecamatan Dusun Hilir.

Untuk vaksin rabies jenis rabisin itu lanjut Hevijanto, merupakan bantuan dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, dan pihak provinsi siap untuk menyalurkannya lagi apabila jumlah vaksin yang disalurkan mengalami kekurangan.

Ia mengharapkan kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, dan kera agar dilakukan vaksinasi supaya terhindar dari penyakit yang sangat membahayakan tersebut.

"Kita juga mengharapkan kepada masyarakat supaya aktif untuk membawa hewan peliharaannnya apabila petugas dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan datang untuk melaksanakan vaksinasi, dan jangan sampai hewan peliharaannya tidak divaksin," tambah dia.

Karena lanjut Hevijanto, hewan peliharaan seperti anjing bisa divaksin rabies mulai umur empat minggu.

"Hewan peliharaan yang sudah divaksinasi akan kita berikan tanda yang dikalungkan dileher hewan itu," ujar Kabid peternakan pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Barito Selatan, Hevijanto.