Seruyan ajukan pinjam pakai excavator ke Pemprov

id excavator, dkpp seruyan,sugian noor

Seruyan ajukan pinjam pakai excavator ke Pemprov

Kepala DKPP Seruyan Sugian Noor. (Foto Antara Kalteng/Fahrian A.)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah mengajukan pinjam pakai alat berat "excavator" kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk keperluan pertanian di kabupaten tersebut.

"Excavator itu diperlukan untuk membantu petani membuka atau membersihkan lahan pertanian," kata Kepala DKPP Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan, excavator diperlukan untuk membantu petani di sejumlah kecamatan, terutama di Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu dan Suling Tambun yang kesulitan membuka, membersihkan serta mengolah lahan pertanian, karena adanya kebijakan larangan membakar lahan dari pemerintah untuk keperluan apapun.

Di sejumlah lokasi itu, para petani memiliki lahan di daerah perbukitan yang memiliki tipikal berbeda dengan lahan daerah rawa. Di perbukitan lahannya terdiri dari tanaman kayu keras atau tunggul kayu, sehingga tidak mudah untuk dibersihkan dan biaya yang diperlukan untuk membuka lahan sangat mahal.

"Sulitnya mengolah lahan ini berdampak pada penurunan produktivitas pertanian di Seruyan, karena itu dengan adanya alat berat atau excavator dapat membantu petani mengolah lahan pertanian tanpa membakar," katanya.

Ia menambahkan, saat ini DKPP hanya memiliki satu unit excavator mini yang berasal dari bantuan Kementerian Pertanian, dan jumlah itu tentunya sangat kurang jika dibandingkan dengan kebutuhan mengolah lahan pertanian yang cukup banyak.

"Kita berharap excavator milik Pemprov Kalteng bisa kita pinjam pakai, minimal satu untuk membersihkan tunggul kayu pada lahan pertanian," katanya.
. Anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka (kanan) melihat alat berat bantuan Kementan yang masih terparkir, di Palangka Raya, Selasa (27/2/18). (Ist) 

Sementara itu Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Seruyan Leonard S Ampung menegaskan, pemerintah daerah punya kepentingan untuk mendorong produktivitas pertanian serta membantu petani di daerahnya supaya bisa membangun hidup dengan bertani, berladang atau bercocok tanam.

"Karena itu kita mendukung usul pinjam pakai excavator yang akan disampaikan kepada Pemprov Kalteng untuk membantu petani," katanya.

Leonard yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng berjanji membantu mengomunikasikan pengajuan pinjam pakai excavator tersebut langsung kepada Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

"Excavator di Dinas Pertanian Kalteng ada banyak, dan kita nanti segera menyampaikan kepada Pemprov Kalteng untuk pinjam pakai," katanya.