221 peserta ikuti MTQ ke-43 Kota Palangka Raya

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, MTQ ke-43 Kota Palangka Raya

221 peserta ikuti MTQ ke-43 Kota Palangka Raya

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Sebanyak 221 peserta dari lima khafilah di lima kecamatan mengikuti pergelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 tingkat Kota Palangka Raya 2018.

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia saat membuka MTQ di Palangka Raya, Kalteng, Sabtu malam meminta dewan hakim dan panitera bertindak jujur dan adil serta penuh tanggung jawab dalam melakukan penilaian terhadap 221 peserta tersebut.

"Bagi peserta silahkan bertanding dengan jujur dan sungguh-sungguh. Kami harapkan acara MTQ ini mampu mendorong umat Islam agar lebih mencintai dan mengamalkan amalan isi kandungan al quran dengan baik dan benar," kata Riban.

Selain itu juga mampu mengamalkan nilai-nilai islami dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara juga saling memelihara tali silaturrahmi sesama umat muslim dan saling menghormati antarumat beragama sehingga kedamaian dan keamanan di Palangka Raya tetap terjaga.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ, Saipul menerangkan sebanyak 221 peserta itu terdiri dari 111 pria dan 110 wanita mulai dari anak-anak hingga dewasa. MTQ tingkat kota ini dilaksanakan selama empat hari mulai 3-6 Maret berpusat di Masjid Raya Darussalam.

Kelima khafilah tersebut mewakili lima kecamatan yang ada di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini dengan rincian peserta Kecamatan Jekan Raya mengirimkan 54 orang.

Kemudian Kecamatan Bukit sebanyak 48 peserta, Kecamatan Rakumpit 48 peserta, Kecamatan Pahandut 40 peserta dan Kecamatan Sabangau sebanyak 31 peserta.

Selanjutnya, Saipul yang juga sebagai Camat Jekan Raya, Kota Palangka Raya itu menambahkan pada pergelaran MTQ tersebut sebanyak 17 cabang lomba akan dipertandingkan.

Cabang lomba pertama ialah tartil yang diikuti 20 peserta, kedua tilawah anak 16 peserta, tilawah remaja 18 peserta, tilawah dewasa12 peserta dan qiro`at sab`ah tujuh peserta.

Selanjutnya ialah cabang lomba tahfidz satu juz 19 peserta, tahfidz lima juz 17 peserta, tahfidz 10 juz 15 peserta, tahfidz 20 juz tiga peserta dan tahfidz 30 juz diikuti sebanyak empat peserta.

Kemudian chath kategori naskah sebanyak 12 peserta, cabang mushaf 11 peserta, chath dekorasi 14 peserta, chath kontemporer 15 peserta, cabang lomba fahmil 15 peserta, cabang syahril 11 peserta dan cabang musabaqah makalah al quran 12 peserta.