Juara umum MTQ Barito Selatan diraih Kecamatan Dusun Selatan

id Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri, juara umum MTQ

Juara umum MTQ Barito Selatan diraih Kecamatan Dusun Selatan

Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri (Kiri) menyerahkan piala bergilir kepada Camat Dusun Selatan yang mana kecamatan tersebut berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 41 tingkat kabupaten setempat, di Buntok, Minggu malam (

Buntok (Antaranews Kalteng) - Kafilah Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah berhasil menjadi juara umum Musabaqah Tilawatil Quran ke-41 tingkat kabupaten setempat.

Pengumuman dewan juri MTQ ke-41 Kabupaten Barito Selatan, Minggu malam menyebutkan Kecamatan Dusun Selatan meraih nilsi 50 poin, dan untuk juara umum kedua Kecamatan Jenamas dengan 45 poin.

Sedangkan juara umum III Kecamatan Karau Kuala 27 poin, juara umum IV diraih Dusun Utara sebanyak 20 poin, juara umum V yakni kecamatan Dusun Hilir dengan meraih 18 poin, dan juara umum VI Kecamatan Gunung Bintang Awai dengan nilai 16 poin.

"Saya mengucapkan selamat kepada peserta yang berhasil meraih prestasi diajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 41 tingkat kabupaten ini," kata Bupati Barito Selatan, Eddy Raya Samsuri pada acara penutupan.

Menurut dia, hasil MTQ ini akan dapat dijadikan unggulan untuk mengikuti event tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau pada April 2018 mendatang.

Ia meminta secara khusus kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Barito Selatan agar secara proaktif menyesuaikan jadwal-jadwal kegiatan pembinaan.

"Hal tersebut dalam upaya mempersiapkan kafilah Barito Selatan untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi Kalimantan Tengah nantinya," ucap Eddy Raya Samsuri.

Ia berharap kafilah Barito Selatan nantinya bisa meraih hasil terbaik, dan bisa meraih juara umum pada MTQ tingkat provinsi nantinya.

"Oleh karena itu saya meminta kepada kafilah Barito Selatan bisa terus berlatih sehingga bisa berprestasi," ujar Bupati Barito Selatan.

Bagi peserta yang belum berhasil, jangan berputus asa. Karena kesempatan masih terbuka, dan dengan rajin belajar serta giat berlatih, Insya Allah saudara akan sukses.

Sementara ketua Ketua LPTQ Barsel, Ir Fajar mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Barito Selatan dari 2-5 Maret 2018 ini berjalan lancar meskipun pada acara pembukaan, dan penutupan diguyur hujan.

"Kita sudah menetapkan juara umum, dan keberhasilan setiap kecamatan merupakan barometer pembinaan Al-Quran khususnya dimasing-masing kecamatan," kata dia.

Acara penutupan MTQ tersebut dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, dan kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat, dan masing-masing camat enam kecamatan.