Disnakertrans Bartim fasilitasi rekrutmen tenaga kerja

id Disnakertrans Bartim,Barito Timur,Tamiang Layang ,Tenaga Kerja

Disnakertrans Bartim fasilitasi rekrutmen tenaga kerja

Kepala Disnakertrans Bartim Drs Darius Adrian MSi (Foto Antara Kalteng / Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah memfasilitasi rekrutmen tenaga kerja di wilayah setempat, bagi pihak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja.

Kepala Disnakertrans Bartim Drs Darius Adrian MSi kepada Antara Kalteng, di Tamiang Layang, Kamis, mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini pihaknya telah empat kali memfasilitasi rekrutmen tenaga kerja bagi perusahaan.

"Untuk tahun 2018 ini ada rekrutmen pemagangan operator dari perusahaan pertambangan PT Intraco Penta Prima Service (IPPS) selaku kontraktor tambang job site PT Senamas - Rimau Group dengan jumlah 9 orang," katanya.

Menurutnya, dalam memfasilitasi rekrutmen tersebut ada empat tahapan yakni mulai dari seleksi berkas administrasi, tes psikologi, interveiew, dan tes kesehatan. Dalam tes administrasi pemberkasan, ada pelamar yang gugur karena tidak memenuhi persyaratan.

Dijelaskan Darius, untuk rekrutmen pemagangan saat ini telah memasuki tahapan tes psikologi.

Rekrutmen pemagangan tenaga SMK bidang otomotif dan mesin tersebut diberlangsungkan di aula Disnakertrans. Untuk saat ini, tenaga yang direkrut berasal dari Desa Jaweten, Kecamatan Dusun Timur dan Desa Lagan, Kecamatan Karusen Janang.

Tenaga pemagangan yang lulus akan mengikuti pelatihan teori kerja selama tiga pekan di Balikpapan, Kaltim dan praktek kerja di Tamiang Layang, Bartim dan Muara Teweh, Barut selama tiga bulan.

"Jika mendapatkan nilai plus, maka tenaga magang tersebut akan dijadikan karyawan oleh pihak perusahaan," jelasnya.

Setelah menjadi karyawan, penempatannya bisa di seluruh wilayah Indonesia sesuai posisi lokasi perusahaan bekerja.

"Keunggulan perusahaan bekerjasama dengan kami, data pencari kerja yang memiliki skil dan non skil ada di Disnakertrans. Jika merekrut karyawan sembarangan, maka karyawan tersebut berpotensi merugikan perusahaan," demikian Darius.