Petani diimbau maksimalkan bantuan pemerintah

id DKPP Seruyan,Sugian Noor,program swasembada

Petani diimbau maksimalkan bantuan pemerintah

Kepala DKPP Seruyan Sugian Noor. (Foto Antara Kalteng/Fahrian Adriannoor)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengimbau petani untuk memanfaatkan bantuan pemerintah secara maksimal agar program swasembada pangan dapat berjalan dengan baik.

"Kami harapkan para petani dapat memanfaatkan bantuan pemerintah secara maksimal untuk meningkatkan produktivitas pertanian sehingga program swasembada pangan dapat tercapai," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Jumat.

Ia mengatakan untuk mendukung program swasembada pangan di Seruyan ada banyak bantuan yang diberikan mulai dari pemerintah kabupaten, provinsi hingga pusat.

"Bantuan, antara lain berupa bibit, pupuk, alat-alat pertanian, atau uang untuk menggarap lahan pertanian, dan bantuan-bantuan ini harus dimaksimalkan petani," katanya.

Selain dimanfaatkan secara maksimal, petani di "Bumi Gawi Hatantiring" hendaknya dapat menjaga dan merawat bantuan pemerintah, terutama peralatan agar tahan lama dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

"Petani diminta untuk dapat menjaga dan merawat bantuan peralatan yang diberikan, serta dapat menjalin kerja sama dalam kelompok tani untuk menanggulangi kerusakan," katanya.

Ia menegaskan, tahun ini DKPP akan membentuk tim khusus untuk mengevaluasi berbagai bantuan yang telah disalurkan kepada petani, khususnya untuk alat dan mesin pertanian (alsintan).

"Apabila alsintan yang disalurkan tidak dimanfaatkan atau menimbulkan permasalahan, maka tim ini nanti bisa mengevaluasi dan menarik kembali bantuan alsintan," katanya.

Ia menambahkan, selain memaksimalkan bantuan pemerintah, untuk mencapai ketahanan pangan berkelanjutan, maka para petani harus benar-benar menjalankan program pertanian dengan penuh komitmen.

"Petani harus benar-benar menjalankan program pertanian sebagaimana yang telah direncanakan, salah satunya adalah pemenuhan target produksi serta luas tanam," katanya.

Kemudian, untuk mewujudkan Seruyan sebagai lumbung produksi pertanian, maka aktivitas pertanian harus mendapat dukungan dari seluruh sektor terkait.

"Jika ingin pembangunan pertanian maksimal, maka ke depan diharapkan ada koordinasi yang baik antara SOPD terkait sehingga ada kesepahaman dan sinergi dalam membangun pertanian di Seruyan," katanya.