Polri-TNI gencar sosialisasi cegah karhutla

id Barsel,barito selatan,buntok,karhutla,kebakaran hutan dan lahan

Polri-TNI gencar sosialisasi cegah karhutla

Kegiatan Polsek Gunung Bintang Awai melaksanakan sosialisasi Karhutla disejumlah Desa di wilayah kecamatan setempat. (Ist)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Polsek Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Kita bersama dengan Danramil dan camat di wilayah setempat terkait hal sosialisasi itu," kata Kapolsek Gunung Bintang Awai, IPDA Rahmat Simamora, di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pihaknya sebelum memasuki musim kemarau.

"Nanti, bila memasuki musim kemarau, masyarakat bisa lebih waspada, serta tidak membakar hutan, dan lahan," kata dia.

Ia juga mengatakan, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan, dan lahan di wilayah Kecamatan Gunung Bintang Awai ini.

"Selain memasang spanduk larangan, kita juga mendatangi desa-desa untuk melaksanakan sosialisasi," tambah Kapolsek Gunung Bintang Awai.

Dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan, dan lahan dilaksanakan dengan cara preemtif (Sosialisasi), preventif (Pencegahan), serta refresif (Penegakan hukum).

"Ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran warga agar bisa mencegah terjadinya kebakaran hutan, dan lahan," ucapnya.

Ia menyampaikan, apabila ada yang membakar hutan, dan lahan, pelaku akan dipidana penjara 15 tahun, dan denda Rp 15 miliar.