Bupati Kotim berharap MTQ tidak kehilangan makna

id Bupati Kotim, H Supian Hadi, MTQ tingkat Kabupaten Kotim

Bupati Kotim berharap MTQ tidak kehilangan makna

Bupati Kotim H Supian Hadi membuka MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Kotim di Kecamatan Cempaga, Sabtu (10/3/2018) malam. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (Antaranews Kalteng) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, H Supian Hadi berharap Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) tidak kehilangan makna dan tujuan utamanya untuk lebih mencintai Alquran dan menjalankan perintah agama.

"MTQ jangan hanya dijadikan kegiatan seremonial. Jangan sampai kita justru melupakan tujuan utamanya. Saya berharap MTQ dapat memperkuat dan meningkatkan keimanan kita bersama," kata Supian di Sampit, Minggu.

MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Kotawaringin Timur dilaksanakan di Kecamatan Cempaga dan telah dibuka oleh Supian pada Sabtu (10/3) malam. Kegiatan yang diikuti 877 peserta dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten itu memperlombakan 36 cabang lomba.

Supian mengungkapkan kekagumannya saat melihat kemeriahan pelaksanaan pembukaan. Tarian kolosal dipadu dengan tata cahaya yang apik, membuat suasana terasa meriah. Bahkan menurut Supian, orang yang melihat seakan tidak percaya acara yang meriah itu dilaksanakan di kecamatan yang cukup jauh dari pusat kota karena berlangsung sangat meriah.

Seluruh kafilah diminta menjaga kondisi fisik agar bisa menampilkan yang terbaik sehingga meraih prestasi terbaik pula. Apalagi para juara akan dipercaya mewakili Kotawaringin Timur pada ajang serupa di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Pemerintah Kecamatan Cempaga selaku tuan rumah diharapkan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh kafilah. Namun sebaliknya, kafilah juga diharapkan memahami apapun segala keterbatasan yang dimiliki panitia karena panitia sudah berusaha memberikan yang terbaik.

Kegiatan tahunan ini juga diharapkan menjadi ajang silaturahmi untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah. Namun Supian mengaku salut karena banyak umat nonmuslim yang juga membantu persiapan dan kelancaran pelaksanaan MTQ tersebut.

"Dengan makin banyak kegiatan keagamaan, kita semua bisa terus memperbaiki diri dan meningkatkan keimanan. Dengan keimanan yang kuat, saya yakin kita mampu menjadi lebih baik sehingga berdampak positif pada pembangunan daerah," kata Supian.

Supian mengapresiasi kemajuan yang dicapai selama Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur`an (LPTQ) Kotawaringin Timur dipimpin H Burhanudin. Supian berharap pembinaan terus dilakukan sehingga perkembangannya terus meningkat.

Sementara itu, Camat Sukarnedi berjanji akan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh kafilah. Bagi mereka, kelancaran dan kesuksesan acara merupakan prestasi yang jauh lebih berharga bagi mereka selaku tuan rumah.

"Kami menunggu 18 tahun untuk kesempatan menjadi tuan rumah ini. Kami akan melakukan sebaik-baiknya. Kami juga berharap MTQ ini membawa dampak yang besar bagi masyarakat," harap Sukarnedi.

Panitia menyiapkan piala bergilir yang baru untuk juara umum karena piala sebelumnya menjadi piala tetap bagi Kecamatan Mentawa Baru Ketapang yang berturut-turut menjadi juara umum. Pemerintah daerah juga akan menyiapkan bonus bagi para juara.