Ini cara semangat bangun pagi ala orang Jepang

id bangun pagi, jepang semangat

Ini cara semangat bangun pagi ala orang Jepang

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Orang Jepang punya konsep ikigai, yang diartikan menjadi alasan bangun pagi, tapi, juga dapat berarti tujuan dalam hidup. Lelah seharian beraktivitas, bangun sepagi mungkin menjadi hal yang tidak diinginkan saat memulai hari.

Dalam buku Awakening Your Ikigai karya Ken Mogi, konsep ini diartikan memulai dengan sederhana, menerima diri sendiri, tersambung dengan bumi, hidup untuk hari ini dan menemukan kebahagiaan dalam hal kecil.

Disadur dari laman The Independent, begini cuplikan konsep ikigai agar Anda tidak melulu menekan tombol snooze alarm. Ikigai tidak harus dimulai dengan hal-hal yang besar.

1. Olahraga
Anda tidak harus ikut kelas kebugaran di gym paling pagi, lakukan aktivitas fisik yang terasa menarik dan yang pasti, sanggup membuat Anda ingin bangun dari tempat tidur. Kegiatan fisik ini bisa berjalan kaki, yoga di ruang tamu, bahkan berjoget-joget saat sarapan.

2. Sarapan
Banyak yang berpendapat sarapan adalah makanan paling penting dalam satu hari, jadikan sarapan hal yang menyenangkan.

Tidak harus membuat sarapan yang bisa dipamerkan di Instagram, sama seperti olahraga pilih menu yang menarik dan mudah disiapkan di pagi hari. Beri hadiah kopi, teh atau cokelat untuk diri sendiri sambil sarapan.

3. Interaksi sosial
Tidak harus menuju kedai kopi terdekat, Anda bisa memulai hari dengan mengobrol singkat dengan orang rumah sebelum berangkat bekerja.

Jika tidak sempat bertemu, mengirim pesan singkat ke orang terdekat juga bisa menjadi suntikan semangat di pagi hari.

Pewarta: Natisha Andarningtyas