Lagi, Harga jual karet di Bartim anjlok

id Bartim,tamiang layang, harga karet di bartim anjlok

Ilustrasi - Seorang petani karet di Kecamatan Teweh Tengah memeriksa sak yang berisi karet yang di rendam di Sungai Barito. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Kalau kualitasnya bagus, dibeli pengepul Rp6.500 per kilogram. Jika kurang bagus, Rp6.200 per kilogram
Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Harga jual getah karet di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, kembali turun. Harga sebelumnya Rp7.500 per kilogram kini turun menjadi Rp6.500 bahkan hingga Rp6.200 per kilogram

Salah satu petani karet di Kecamatan Awang, Risna (40) mengatakan, harga jual karet di wilayahnya saat ini hanya dihargai Rp6.500 per kilogram.

"Pengepul yang datang hanya berani membeli seharga Rp6.500 per kilogram. Harga ini turun dari harga pada Pebruari lalu," katanya di Tamiang Layang, Minggu.

Dengan harga Rp6.500 per kilogram menyebabkan warga setempat melaksanakan pola hidup berhemat. Jika ada keperluan mendesak, barulah menggunakan uang hasil penjualan getah karet.

Petani karet dari Kecamatan Awang lainnya, Abah Pepen (50) menerangkan, sebagai petani karet ia harus membagi penghasilannya dengan teliti.  Kebutuhan untuk membiayai anak yang sedang sekolah SMP dan kebutuhan lain yang mendesak.

"Ini saja sebelum memperbaiki motor, saya tanya kepada anak dulu, apakah ada keperluan sekolah atau tidak? Karena tidak ada keperluan, maka saya baru bisa memperbaiki motor ke bengkel," katanya.

Menurutnya, perbaikan motor honda revo keluaran tahun 2006 miliknya juga masih diperbaiki bertahap.

"Dananya tidak cukup," katanya singkat.

Petani karet di Kecamatan Raren Batuah, Jono (48) menerangkan, harga karet di wilayahnya berkisar Rp6.200,- hingga Rp6.500 per kilogram

"Kalau kualitasnya bagus, dibeli pengepul Rp6.500 per kilogram. Jika kurang bagus, Rp6.200 per kilogram," katanya.

Getah karet berkuakitas dimaksud jika warna putih dan tidak bercampur bahan lain. Jika kotor dan bercampur bahan lain seperti ranting, dedaunan maupun benda lain, maka termasuk kategori kurang baik.

Para pengepul berlasan, jika kualitas getah kurang baik juga berpengaruh terhadap penjualannya. Terlebih lagi adanya penyusutan berat ketika diangkut ke gudang. 

Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar