Anggota DPRD sebut Sukamara miliki wilayah strategis

id DPRD Sukamara,Sukamara miliki wilayah strategis,Anggota DPRD Kabupaten Sukamara, Jairi

Anggota DPRD sebut Sukamara miliki wilayah strategis

Anggota DPRD Kabupaten Sukamara, Jairi. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Anggota DPRD Kabupaten Sukamara, Jairi mengatakan berdasarkan letak geografis yang ada, Kabupaten setempat merupakan daerah yang sangat strategis. Hal ini cukup beralasan karena memiliki jalur perhubungan laut sehingga akses perdagangan, industri maupun jasa antar pulau  sangat menjanjikan.

"Kalau kita melihat berbatasannya Kabupaten Sukamara merupakan daerah yang strategis, dimana selain perhubungan laut, Sukamara berbatasan barat dan timur dengan Kabupaten Ketapang, Selatan Semarang, Utara, Lamandau dan kobar," kata Jairi diruang kerjanya, senin. 

Menurut politisi PDIP ini, dengan posisinya seperti itu, kedepan Kabupaten Sukamara akan lebih maju lagi dalam bidang perdagangan, industri maupun jasa, baik hubungan antar pulau karena langsung bersentuhan dengan laut jawa.

Dengan posisi yang demikian, wajar saja Kabupaten Sukamara dalam memajukan Kabupaten berencana membangun pelabuhan laut. Selain itu penghubung antar kabupaten seperti Jembatan Jelai juga dibuat, walaupun hingga kini belum ada kelanjutnya dari Provinsi Kalbar, hal tersebut tidak lain yaitu mempercepat pembangunan.

"Transportasi merupakan sektor yang memiliki nilai kepentingan yang cukup besar terhadap peningkatan ekonomi, tinggal bagaimana pemerintah, swasta maupun masyarakat sendiri melihat peluang tersebut," ucap Jairi

Oleh karena itu untuk mempersiapkannya, semua masyarakat harus siap diri dengan terbuka akses  transportasi baik darat, laut maupun udara. Masyarakat harus siap bersaing dengan masyarakat pendatang yang memiliki keunggulan baik keterampilan maupun modal yang cukup.

"Dengan akses transportasi membuat Kabupaten Sukamara menjadi daerah yang strategis, sehingga kedepannya setiap bidang usaha dapat dipastikan akan maju karena diapit beberapa kabupaten sekelilingnya," demikian Jairi.