Warga Palangka Raya diminta waspadai banjir kiriman

id BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto, banjir kiriman

Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya, Supriyanto. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya meminta warga kota setempat terutama yang tinggal di daerah aliran sungai untuk mewaspadai kemungkinan banjir akibat air kiriman dari wilayah hulu.

"Meski masyarakat kita yang berada di pinggiran sungai telah biasa namun tetap kami ingatkan agar warga yang berada di daerah aliran sungai mewaspadai tinggi muka air yang dapat berubah sewaktu-waktu," kata Plt Kepala BPBD Kota Palangka Raya Supriyanto di Palangka Raya, Selasa.

Terlebih lagi, saat sejumlah wilayah hilir sungai yang melewati Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah ini masih masuk pada kategori musim hujan.

"Untuk itu selalu perhatikan kondisi debit dan arus air beraktivitas di sungai maupun di tepiannya. Terutama bagi anak-anak untuk selalu dipantau dan jangan sampai lengah," katanya.

BPBD juga terus melakukan pemantauan khususnya di tiga lokasi yakni di Kelurahan Petuk Ketimpun, Pahandut Seberang dan Kelurahan Kerengbangkirai untuk mengetahui perubahan tinggi permukaan air sungai.

"Dalam rangka penambahan perlengkapan penyelamatan, kami juga mendapat bantuan dua perahu karet dan sejumlah jaket pelampung dari BNPB," katanya.

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait termasuk dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk selalu memperbaharui informasi cuaca di wilayah Kota Palangka Raya dan sekitarnya.

"Informasi terkait perkembangan cuaca dan kondisi aliran sungai di kota ini terus kita sampaikan dan perbarui. Berdasar informasi dari BMKG wilayah kita masih masuk musim hujan hingga April mendatang," katanya.

Warga di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah pun diajak untuk bergotong-royong memastikan saluran drainase tidak dangkal dan tersumbat sampah.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar