Hari pertama penerbangan, Susi Air Muara Teweh-Palangka Raya ramai penumpang

id Barut,barito utara,muara teweh,susi air,Bandara Beringin Muara Teweh

Hari pertama penerbangan, Susi Air Muara Teweh-Palangka Raya ramai penumpang

Pesawat Susi Air bersiap lepas landas dari Bandara Beringin Muara Teweh. (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

...pesawat jenis Cessna berpenumpang 12 orang dengan frekuensi tiga kali sepekan, yakni setiap Selasa, Rabu, dan Kamis dengan harga tiket Rp454.100 (termasuk airport tax) untuk rute Palangka Raya-Muara Teweh dan sebaliknya Rp444.100
Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Penerbangan perdana maskapai Susi Air rute Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara tujuan Palangka Raya Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah pulang pergi yang merupakan penerbangan bersubsidi ramai penumpang.

"Hari pertama penerbangan dari Palangka Raya menuju Muara Teweh dan sebaliknya pada hari ini mulai terlihat ramai," kata seorang petugas maskapai Susi Air Muara Teweh, Yogi, Selasa.

Menurut dia, penerbangan menggunakan pesawat jenis Cessna berpenumpang 12 orang dengan frekuensi tiga kali sepekan, yakni setiap Selasa, Rabu, dan Kamis dengan harga tiket Rp454.100 (termasuk airport tax) untuk rute Palangka Raya-Muara Teweh dan sebaliknya Rp444.100.

Pada hari pertama ini, kata dia, penumpang cukup banyak yakni dari Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya tiba di Bandara Beringin Muara Teweh sebanyak 11 orang sedangkan sebaliknya MUara Teweh - Palangka Raya ada tujuh penumpang.

"Meski hari pertama mulai beroperasinya penerbangan Muara Teweh - Palangka Raya penumpang terlibat banyak," katanya.

Baca: Susi Air kembali layani penerbangan Muara Teweh-Palangka Raya

Sementara seorang petugas Bandara Beringin Muara Teweh, Asmadi mengatakan penerbangan yang mendapat subsidi dari pemerintah pusat untuk Muara Teweh-Palangka Raya PP ini mulai operasional pada 13 Maret 2018.

"Berbedanya harga tiket tersebut karena pemberlakuan tarif `airport tax` di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya dan Bandara Beringin Muara Teweh tidak sama," katanya.

Susi Air juga melayani penerbangan rute Bandara Beringin Muara Teweh dengan tujuan Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Muara Teweh-Balikpapan, Kalimantan Timur juga tiga kali dalam sepekan, yakni setiap Senin, Rabu, dan Jumat.

"Rute ini sudah operasional sejak 3 Januari 2018 sebagai penerbangan reguler atau nonsubsidi, namun dilayani dengan harga tiket cukup mahal, sekitar Rp1,3 juta per orang," kata dia.

Seorang warga Muara Teweh, Adi, mengatakan dibukanya penerbangan Susi Air ke daerah itu membantu warga karena selama ini transportasi udara merupakan jasa angkutan alternatif yang cepat, terutama di Kabupaten Barito Utara yang letaknya di pedalaman Kalteng.

"Kalau kami menggunakan angkutan darat, jarak tempuh ke Banjarmasin paling cepat sembilan jam, sedangkan Palangka Raya sekitar tujuh jam," katanya.