Cegah karhutla, Gubernur Kalteng instruksikan jajaran optimalkan peran tokoh masyarakat

id Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran,cegah karhutla

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menginstruksikan seluruh jajaran pemerintahan di provinsi setempat mengoptimalkan peran tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh masyarakat dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2018.

"Selain para tokoh masyarakat yang ada, Pemda juga harus mengoptimalkan peran dan sinergitas para relawan atau organisasi relawan, organisasi masyarakat, organisasi non pemerintah serta piak terkait lainnya dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla," kata Sugianto Sabran di Palangka Raya, Selasa.

Pernyataan itu diungkapkan pria nomor satu di Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila" ini pada acara Rakor pencegahan, penanggulangan Karhutla dan Pilkada serentak di Provinsi Kalimantan Tengah pada 2018.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga meminta seluruh pemerintah daerah di Kalimantan Tengah mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga kecamatan untuk segera membentuk Satgas Karhutla.

TNI dan Polri pada seluruh tingkatan di jajaran Kalteng juga diminta untuk meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan mulai di tingkat kelurahan atau desa sampai provinsi.

"Saya juga meminta agar seluruh personel pemadam untuk selalu berlatih secara rutin dan untuk peralatan juga agar dipastikan berfungsi baik agar siap setiap saat jika diperlukan tiba-tiba," katanya.

Di sisi lain terkait Pilkada dia juga meminta seluruh pihak menciptakan suasana pesta demokrasi yang aman, kondusif dan berkualitas.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat serta pihak-pihak terkait agar dapat aktif berperan dalam pesta demokrasi ini. Taati seluruh aturan yang ada termasuk bagi ASN, maupun tim pemenangan serta para penyelenggaranya," katanya.

Pada acara itu turut hadir sejumlah anggota DPR RI Dapil Kalteng seperti Ramdhani dan Rahmad Hamka Nasution.

Selain itu juga seluruh jajaran pemerintah di Kalimantan Tengah mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan.

Turut hadir pula jajaran TNI dan Polri di Kalteng dan para penyelenggara Pilkada baik KPU, Bawaslu, Panwaslih serta para akademisi yang ada di provinsi setempat.

Plt Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan pelaksanaan rakor tersebut bertujuan untuk mengoptimalkan sinergitas seluruh elemen masyarakat dalam penanggulangan Karhutla dan Pilkada 2018.

"Melalui acara ini kami berharap khususnya pada 2018 ini Kalteng bebas Karhutla dan aman serta kondusif dalam pelaksanaan Pilkada," kata Fahrizal.

Pewarta :
Editor: Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar